Upaya Regenerasi Bidang Pertanian, Dispora Kukar Adakan Pelatihan untuk Pemuda

30 April 2024 13:58 WIB
Upaya Regenerasi Bidang Pertanian, Dispora Kukar Adakan Pelatihan untuk Pemuda
Upaya Regenerasi Bidang Pertanian, Dispora Kukar Adakan Pelatihan untuk Pemuda ( Istimewa)

Tenggarong, Sonora.ID - Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara (Dispora Kukar) terus berinisiatif untuk memajukan sektor pertanian dengan menyelenggarakan pelatihan khusus bagi pemuda.

Pelatihan ini diharapkan dapat mengubah pandangan generasi muda terhadap pertanian modern.

Kelas barista dijadikan sebagai salah satu fokus utama dalam pelatihan ini, yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa pertanian dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

“Kami ingin pemuda melihat pertanian dari perspektif yang lebih luas, tidak hanya sebagai kegiatan tradisional tetapi juga sebagai kesempatan untuk berwirausaha,” ujar Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni.

Aji Ali Husni menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi pertanian modern di Kutai Kartanegara, dengan harapan dapat mendorong pemuda untuk lebih aktif dalam sektor pertanian, terutama dalam budidaya kopi.

“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pemuda untuk berkontribusi tidak hanya sebagai petani tetapi juga sebagai pengusaha yang memahami nilai jual produk pertanian,” kata Aji Ali Husni.

Lebih lanjut, Aji Ali Husni menyatakan bahwa kopi bukan satu-satunya fokus pelatihan.

Dispora Kukar juga akan memberikan contoh sukses dari Jonggon dan Long Anai dalam mengelola kebun cokelat atau kakao.

“Kami ingin pemuda memiliki kemampuan tidak hanya dalam membuat kopi yang baik, tetapi juga dalam mengelola dan memanfaatkan potensi pertanian yang ada,” jelasnya.

Meski dihadapkan pada tantangan yang kompleks, Aji Ali Husni menyatakan optimisme Dispora Kukar dalam menarik minat pemuda untuk bergabung dalam sektor pertanian.

“Kami menyadari banyaknya tugas yang harus kami lakukan, namun kami yakin dengan pendekatan yang fokus dan pembinaan yang konsisten, kami dapat mendorong mereka untuk terlibat,” tutup Aji Ali Husni.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Kawasan Budaya Tenggarong Bakal Jadi Lokasi Baru Car Free Day Disdikbud Kukar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm