Arti VAR dalam Sepak Bola, Heboh saat AFC U23 Timnas vs Uzbekistan

30 April 2024 16:40 WIB
Arti VAR dalam Sepak Bola, Heboh saat AFC U23 Timnas vs Uzbekistan
Arti VAR dalam Sepak Bola, Heboh saat AFC U23 Timnas vs Uzbekistan ( Dok. PSSI)

Sonora.ID - Arti VAR dalam sepak bola menjadi salah satu hal yang ingin diketahui banyak orang setelah heboh diperbincangkan saat pertandingan AFC U23 antara Timnas vs Uzbekistan pada Senin (29/4/2024) malam.

Dalam pertandingan tersebut, wasit berkali-kali mengecek VAR untuk memastikan gol yang dicetak oleh pemain Timnas U23 Indonesia, Muhammad Ferrari, pada menit ke-61.

Berdasarkan hasil pengecekan, gol Muhammad Ferrari akhirnya dianulir oleh wasit Shen Yinhao karena operan assist dari Ramadhan Sananta mengalami offset.

Pengecekan VAR dalam pertandingan tersebut juga dilakukan beberapa kali saat terjadi indikasi pelanggaran.

Baca Juga: Disebut Penyebab Timnas Kalah, Jerome Polin Buat Video Permintaan Maaf

Lantas, apa arti VAR dalam sepak bola?

VAR dalam istilah sepak bola merupakan singkatan dari Video Assistant Referee.

 Sederhananya, VAR adalah wasit asisten yang tugasnya membantu wasit utama untuk mengambil keputusan dengan melihat rekaman selama pertandingan tersebut.

Dikutip dari laman Olympics, berbagai kompetisi sepak bola besar seperti Liga Premier, Bundesliga, Euro, dan Piala Dunia FIFA semuanya telah menggunakan VAR.

VAR hanya dapat campur tangan dalam empat keadaan tertentu di mana mungkin terjadi kesalahan yang jelas atau terlewatkan, meliputi:

  • Keputusan gol atau tidak gol: Mencakup pemeriksaan terhadap offside, pelanggaran selama penalti, dan apakah bola benar-benar melintasi garis seperti yang terjadi dalam pertandingan Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan semalam.
  • Penalti atau tidak penalti: Mencakup pemeriksaan apakah ada kontak di dalam kotak, apakah itu simulasi, atau apakah pelanggaran yang dilakukan benar-benar salah.
  • Kartu merah langsung (bukan kartu kuning kedua): Mencakup peninjauan apakah pelanggaran itu cukup serius untuk mendapatkan kartu merah, apakah itu kesalahan identitas, atau apakah pemain yang keluar lapangan adalah yang salah.
  • Identifikasi yang salah: Digunakan untuk memastikan bahwa wasit tidak keliru dalam mengeluarkan kartu kepada pemain yang salah.

Kendati demikian, tim VAR hanya bisa memberikan pendapatnya dan keputusan sepenuhnya diberikan kepada wasit utama pertandingan.

Dijelaskan dalam laman Bundesliga, wasit pertandingan memiliki tiga pilihan ketika diberi tahu oleh rekan VAR, yaitu:

  • Membiarkan keputusan yang sebelumnya tidak berubah.
  • Menerima saran VAR terkait suatu keputusan.
  • Menyaksikan kembali kejadian itu melalui layar TV yang umumnya terdapat di dalam stadion di pinggir lapang kemudian mengambil keputusan.

Baca Juga: Kecewa Timnas Kalah, Nobar di Klaten Bubar Sebelum Pertandingan Usai

Itulah tadi arti VAR dalam sepak bola. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm