Bey Sebut Beberapa Keluhan Jamaah Haji di Asrama Embarkasi Bekasi Sudah Teratasi

11 Mei 2024 15:40 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat datang ke asrama haji Bekasi, Sabtu (11/5/2024)
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat datang ke asrama haji Bekasi, Sabtu (11/5/2024) ( Dok. Diskominfo Jbr)

Bekasi, Sonora.ID - Saat meninjau asrama haji di Bekasi, Sabtu (11/5/2024), Penjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mendapati beberapa keluhan yang diutarakan oleh para calon jamaah haji yang baru masuk asrama.

Keluhan tersebut diantaranya ada perubahan pada jam masuk asrama yang terlalu cepat, bercampurnya kamar di asrama antara laki-laki dan perempuan, dipisahnya calon jamaah haji lansia dengan yang bukan lansia, padahal mereka membutuhkan pendamping dari keluarga yang sama-sama calon jamaah haji, serta kebersihan kamar mandi asrama yang dinilai kurang terjaga dengan baik.

Usai meninjau asrama dan menerima keluhan para jemaah haji kloter 1 dan 2 di Asrama Haji Bekasi, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin langsung mengambil tindakan berkoordinasi dengan Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat.

"Ada sejumlah keluhan yang saya dapat dari jemaah sejak tadi jam 2 dini hari, pagi ini saya cek langsung ke asrama," kata Bey, dikutip dari siaran pers yang dikeluarkan Diskominfo Jabar.

“Ada yang menunggu sampai pukul 5, baru mendapat kamar,” ucap Bey.

Baca Juga: Haji Ramah Lansia, Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin Beberkan Layanan Khusus yang Diberikan

Keluhan lainnya adalah terpisahnya jamaah yang masih punya hubungan keluarga dengan jamaah lansia yang memerlukan pendampingan.

Menurut penjelasan Ajam, perbedaan kamar terjadi karena pembagian berdasarkan pada domisili di kartu keluarga. Pihak Kemenag berjanji menjadikan hal ini sebagai catatan dan perbaikan untuk kloter selanjutnya.

Selanjutnya masih ada keluhan jamaah terkait kebersihan di kamar mandi asrama seperti ember yang sudah berlumut. 

"Pihak asrama sudah mengatasi ini dan memastikan para petugas melayani jamaah dengan baik dan harus ramah, ini terus diingatkan," katanya.

Bey juga berdialog dengan jamaah dari kloter 2 asal Garut yang mengaku puas dengan layanan di asrama haji. Mulai dari menu makanan yang lengkap, AC kamar yang berfungsi dan kebersihan kamar asrama. 

"Yang dari Garut happy, senang, mereka tidak ada keluhan, makanan enak, tidur nyenyak, saya tanya AC dingin? Dijawab mereka dingin, alhamdulilah," ucap Bey.

Menurutnya pihaknya bersama Kanwil Kemenag Jabar berupaya agar layanan terbaik dirasakan jemaah haji. Bey sendiri akan terus memastikan keberangkatan calon jemaah haji aman dan nyaman dengan berkoordinasi bersama pengelola Asrama Haji Bekasi dan Indramayu (Kertajati). 

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm