Dinsos Kukar Soroti Peran Keluarga untuk Rehabilitasi Orang Terlantar

13 Mei 2024 12:10 WIB
Pemerintah Kabupatern Kutai Kartanegara.
Pemerintah Kabupatern Kutai Kartanegara. ( )

Tenggarong, Sonora.ID - Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara (Dinsos Kukar) mengungkapkan keprihatinan atas jumlah orang berkebutuhan khusus yang terabaikan di wilayahnya.

Ilustrasi penyandang disabilitas (Ist)
Kondisi ini diduga akibat kurangnya inisiatif masyarakat dalam merehabilitasi anggota keluarga yang memerlukan dukungan.

Sunarko, Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Kukar, menyatakan bahwa banyak orang terlantar seperti ODGJ, lansia, dan anak-anak yang membutuhkan bantuan sosial namun tidak mendapat perhatian dari keluarganya.

“Kami sering melihat keluarga yang enggan atau kurang peduli merawat anggota keluarganya yang membutuhkan bantuan sosial,” kata Sunarko.

Padahal, menurut Sunarko pihak keluarga memiliki peran penting dalam hal ini. Ia pun menyarankan kepada masyarakat jika memiliki anggota keluarga yang terlantar agar bisa dimasukan rehabilitasi Dinsos Kukar agar mendapatkan bantuan yang memadai.

“Keterlibatan keluarga dapat mempercepat proses dan meningkatkan hasil rehabilitasi sosial bagi ODGJ, lansia terlantar, dan anak terlantar,” tambah Sunarko.

Sunarko menduga ada beberapa faktor lain yang membuat masyarakat enggan untuk direhabilitasi. Seperti stigma dan rasa malu yang kerap menjadi hambatan dalam proses ini.

“Kami mengajak masyarakat untuk lebih terbuka dan peduli terhadap anggota keluarga yang memerlukan bantuan sosial, sehingga mereka bisa mendapatkan perawatan dan dukungan yang pantas,” tutup Sunarko. (Adv)

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm