Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024, Atasi Ancaman Inflasi

15 Mei 2024 07:25 WIB
( )

Banjarmasin, Sonora.ID - Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, didampingi Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Siane Apriliawati mengikuti Rapat Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian secara daring di Ruang Banjarmasin Command Centre (BCC), Balai Kota Banjarmasin, Senin (13/05).

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Kepala BPS Kota Banjarmasin, Sukma Handayani, serta sejumlah Forkopimda Kota Banjarmasin dan SKPD yang tergabung dalam Tim TPID.

Adapun rapat koordinasi tersebut membahas mengenai evaluasi penanganan inflasi di seluruh daerah di Indonesia bersama instansi terkait.

"Tadi kita ada rapat koordinasi berkenaan dengan inflasi yang dipimpin oleh pak Mendagri bersama dengan instansi terkait dalam hal penanganan inflasi di seluruh daerah di Indonesia, Mendagri menegaskan bahwa target inflasi nasional adalah di angka 3 persen, sementara Banjarmasin berada di 3,03 persen," katanya.

"Sedangkan, kita berada di 3,03 ini masih di atas sedikit namun secara umum ini masih bisa kita kendalikan. Kemudian dari beberapa hal itu yang tadi disampaikan juga oleh ibu Sukma dari BPS terkait dengan komoditi, barang atau pangan yang menjadi pendorong, salah satunya adalah tarif parkir dan tiket udara," terangnya lagi.

Baca Juga: Monitoring Stok dan Harga Bapok Pangan Jelang Idul Adha

Selain itu, Ikhsan juga mengungkapkan bahwa beras menjadi salah satu pendorong inflasi yang signifikan di Banjarmasin.

"Beras menjadi warning nasional, tetapi bawang ternyata di Kalimantan Selatan pada umumnya masuk dalam kategori rendah. Jadi, beras menjadi perhatian utama kami untuk diintervensi," ujarnya.

Untuk itu, ia menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil pihaknya dalam menangani inflasi kali ini, termasuk mencari penyebabnya, melakukan pasar murah, dan memberikan subsidi terhadap transportasi.

"Kita harus melakukan langkah-langkah mencari daerah yang berlebihan pasokan sehingga nanti bisa distribusikan ke tempat kita. Ini salah satu dari beberapa langkah yang harus kita lakukan," beber Ikhsan.

Kemudian, Pertemuan tersebut akan dilanjutkan besok hari dengan pertemuan high-level meeting yang akan dipimpin oleh walikota dan kepala daerah, untuk menyikapi kondisi pasar nasional dan mencari solusi yang tepat dalam menangani inflasi.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, didampingi Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Siane Apriliawati mengikuti Rapat Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024 yang dipimpin langsun