Genjot Kunjungan Wisatawan, Pemkot Bandung Akan Reoptimalisasi BBWS Teras Cikapundung

15 Mei 2024 10:36 WIB
Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono (jaket biru) saat memantau BBWS Teras Cikapundung, awal pekan kemarin.
Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono (jaket biru) saat memantau BBWS Teras Cikapundung, awal pekan kemarin. ( (Dok. Diskominfo Bdg))

Bandung, Sonora.ID  - Mulai pekan depan keberadaan BBWS Teras Cikapundung sebagai salah satu objek wisata di Kota Bandung, akan dioptimalkan kembali. 

Hal ini ditegaskan oleh Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono yang menyebut, kawasan BBWS Teras Cikapundung akan direoptimalisasi agar lebih memiliki daya tarik wisata baik untuk warga Bandung ataupun wisatawan.

"Kami meyakini, pemerintah, masyarakat, juga komunitas, punya cita-cita dapat menikmati suasana di Teras Cikapundung. Pekan depan, kawasan ini akan di-reoptimalisasi. Tujuannya supaya bisa dinikmati kembali oleh semua orang," tegas Bambang di awal pekan ini.

Menurutnya, kawasan Teras Cikapundung harus memberikan nilai bagi masyarakat sekitar dan menjadi daya tarik untuk wisata.

Upaya reoptimalisasi ini, lanjut Bambang, akan melibatkan lintas sektor. Antara lain Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) dan Disbudpar Kota Bandung.

Baca Juga: Menikmati Sisi Lain Pemudik Dalam Tangkapan Lensa di Stasiun Bandung  

Bambang juga mendorong kegiatan yang berkolaborasi dengan komunitas-komunitas di Kota Bandung, seperti Bebersih Untuk Asyiknya Trotoar Kota Agar Menyenangkan dan Unggul (BUAT KAMU), dapat segera digelar rutin di Teras Cikapundung.

Selain itu, Bambang juga menyebut, akan segera melakukan koordinasi dengan BBWS Citarum agar reoptimalisasi kawasan ini segera dieksekusi.

"Kami berkoordinasi juga dengan BBWS Citarum yang punya asetnya. Kami akan segerakan kolaborasi untuk mengoptimalkan kawasan ini," kata Bambang.

Selanjutnya, Bambang mendorong kegiatan ekonomi dan juga kreatif di kawasan Cihampelas bisa melesat. Hal ini meliputi perdagangan di sepanjang Jalan Cihampelas, hingga potensi yang ada di kawasan Teras Cihampelas yang belum dioptimalkan.

Bambang berharap, kawasan Teras Cihampelas dapat menjadi daya tarik wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Ia meyakini, Cihampelas merupakan ikon Kota Bandung yang luar biasa.

Untuk diketahui, Teras Cikapundung Bandung sebelumnya merupakan daerah kumuh dan tak terurus yang berhasil diubah menjadi tempat wisata. 

Cikapundung adalah sungai yang membelah Kota Bandung, dimulai dari daerah Bandung Utara dan bermuara di Sungai Citarum, Bandung Selatan.

Sebelumnya, taman ini merupakan tempat berkumpulnya orang-orang kreatif seperti para seniman yang ada di Bandung. Ada beberapa sanggar seni dan ramainya warung makan di tempat ini, sampai pada akhirnya terlantar dan dibiarkan kotor.

Kini Teras Cikapundung Bandung telah berubah menjadi tempat wisata terbuka untuk umum dengan konsep ekologi serta urban, dan mulai pekan depan, tempat ini akan di reoptimalisasi oleh Pemkot Bandung.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm