Menparekraf Imbau Pihak Sekolah Pastikan Kendaraan Study Tour dalam Kondisi Laik

21 Mei 2024 13:41 WIB
Ilustrasi Destinasi Wisata
Ilustrasi Destinasi Wisata ( Dok Kemenparekraft)

Jakarta,Sonora.Id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau pihak sekolah, instansi, atau organisasi agar memilih moda transportasi wisata berkualitas dan lolos uji kelaikan sesuai aturan pemerintah sebelum melaksanakan _study tour._

Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno", Senin (20/5/2024) secara virtual, menyampaikan kecelakaan yang dialami oleh rombongan SMK Lingga Kencana di Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat, harus dijadikan pelajaran bersama untuk lebih baik dalam menjalankan karyawisata atau _study tour._

Menurut Sandiaga, hal itu bukan berarti harus memperketat pelaksanaan _study tour_, melainkan dengan lebih memperhatikan kelaikan kendaraan, fasilitas, dan sumber daya manusia (SDM).

“Larangan _study tour_ berkaitan dengan transportasi yang belum mumpuni, tentunya kami dukung untuk menghindari kecelakaan yang kerap terjadi. Kami mengimbau bahwa nomor satu keamanan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, selain pemilihan moda transportasi yang lolos uji kelaikan, penting sekali menunjuk pengemudi, kernet, serta mekanik yang memiliki registrasi dan sertifikasi yang mengacu kepada aturan instansi baik dari Kementerian Perhubungan atau instansi daerah.

Kemenparekraf dan Dispar pun terus melakukan sosialisasi dan pengawasan bagi pelaku usaha pariwisata serta wisatawan agar memilih moda angkutan yang sudah lulus Uji Kir Kelaikan yang dapat diakses di http://spionam.dephub.go.id.

Menparekraf pun menegaskan bahwa insiden serupa tak boleh terulang. Oleh karena itu, ia mendorong _stakeholder_ pariwisata bersinergi untuk memastikan keselamatan wisatawan di semua destinasi dengan ketat demi mencegah kejadian serupa.

“Kami menegaskan insiden bus pariwisata tidak boleh terulang, mari kita perkuat sinergi, kita pastikan kecelakaan ini tidak terjadi lagi demi masa depan anak bangsa kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga secara daring pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm