Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur atau Mengorok

26 Mei 2024 01:15 WIB
Ilustrasi, penyebab dan cara mengatasi tidur mendengkur atau mengorok
Ilustrasi, penyebab dan cara mengatasi tidur mendengkur atau mengorok ( Freepik)

Sonora.ID - Mendengkur atau mengorok juga disebut apnea. Banyak orang yang mengalami kondisi ini dan ingin menghilangkannya. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi tidur mendengkur atau mengorok.

Apabila kamu juga sering mengalami kondisi ini setiap tidur, maka jangan disepelekan! Karena kondisi ini juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang harus kamu perhatikan.

Menurut sebuah studi, gangguan tidur yang menyebabkan orang terbangun untuk mengambil napas pada tengah malam bisa terkait dengan adanya banyak lemak yang berada di lidahnya.

Berdasarkan hasil penelitian dari Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, AS, mengaitkan gangguan tidur seperti mengorok dengan jumlah lemak yang terkonsentrasi di lidah.

Riset ini sudah dipublikasikan di jurnal American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine.

Baca Juga: 3 Cara Simple Sembuh dari Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

Penyebab tidur mendengkur atau mengorok

Menurut National Sleep Foundation (NSF) di Amerika Serikat, berikut ini adalah beberapa penyebab tidur mendengkur atau mengorok:

  • Kelebihan berat badan
  • Saluran udara yang kecil
  • Hidung tersumbat
  • Konsumsi alkohol
  • Merokok

Seorang peneliti mengungkap, saat pasien dengan kondisi tersebut mengalami penurunan berat badan, ia dapat merasakan perubahan yang lebih baik ketika tidur.

Lidah yang lebih besar dan gemuk merupakan hal yang umum ditemui pada setiap pasien obesitas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm