Pemkot Bandung akan Kembali Menata Kawasan Alun-Alun Bandung

27 Mei 2024 10:55 WIB
Alun-Alun Kota Bandung.
Alun-Alun Kota Bandung. ( Dok. Dokumentasi Diskominfo Kota Bandung)

Bandung, Sonora.ID - Dengan lokasi yang ada di jantung kota, kawasan Alun-Alun Kota Bandung tentunya harus memberikan penampilan yang penuh estetika keindahan.

Terkait hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya meningkatkan ketertiban, keindahan, dan kebersihan kawasan Alun-alun Kota Bandung agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan wisatawan.

Hal tersebut dikemukakan Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyulionosaat rapat koordinasi melalui daring, Minggu (26/5/2024).

Bambang menyebut, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, dan polisi harus terus berkoordinasi untuk menjadikan kawasan Alun-alun lebih tertib.

"Ciptakan kenyamanan untuk pengunjung. Apa saja nilai jual yang ada di sana, manfaatkan dan gunakan untuk menjadi sebuah daya tarik orang agar terus mau berkunjung," ungkapnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar dan Harian Kompas Gelar Cycling de Jabar 2024 dari Cirebon ke Pangandaran

Bambang juga menyinggung soal Museum Penjara Banceuy dan Patung Bung Karno yang masuk dalam kawasan tersebut, agar lebih ditata rapi untuk menambah daya tarik dan perhatian pengunjung.

"Coba dikasih tanda atau penerangan. Itu ada Penjara Banceuy dan Patung Bung Karno, mereka adalah salah satu ikon yang ada di Bandung, punya nilai sejarah juga. Kita lestarikan menjadi daya tarik wisata dan sebagai pengingat," sebut Bambang.

Disinggung mengenai maraknya warga yang mengenakan berbagai macam kostum cosplay, Bambang berharap agar dapat ditertibkan dan ditata rapi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin mengungkapkan, komunitas yang hadir dalam cosplay di kawasan tersebut telah diberikan ruang agar tertata dengan baik.

"Kita sudah berkomunikasi dengan pihak mereka. Kita bahas beberapa kaitan dengan tugas dan aturan cosplay. Seluruhnya itu ada 45 orang, dibagi 3 lokasi. Disepakati juga oleh mereka itu untuk menjaga jarak dan kostumnya untuk diperbaiki lagi agar tidak asal-asalan," pungkas Arief.

Diketahui dalam waktu dekat Pemerintah Kota Bandung akan kembali menata kawasan Alun-alun kota, agar kembali nampak estetika dan keindahan serta memberi kenyamanan bagi seluruh warga.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm