Sonora.ID - Simak contoh soal PPPK Administrasi Perkantoran tahun 2025 dan kunci jawabannya berikut ini.
Menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2025, persiapan yang matang menjadi kunci utama untuk meraih hasil maksimal.
Salah satu formasi yang banyak diminati adalah Administrasi Perkantoran.
Pada artikel ini menyajikan 30 contoh soal PPPK Administrasi Perkantoran tahun 2025 lengkap dengan kunci jawaban, yang bisa dijadikan sebagai bahan latihan sekaligus gambaran pola soal yang mungkin akan diujikan, simak:
1. Dengan dana terbatas anda diminta oleh atasan untuk mengadakan kegiatan di kantor. Beberapa pendahulu anda tidak terlalu sukses melaksanakan kegiatan tersebut, karena adanya right budget policy. Reaksi anda ketika menerima tugas tersebut?
A. Menolak tugas tersebut karena dirasa mustahil untuk dilaksanakan
B. Menerima tugas tersebut dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.
C. Menolak tugas dengan mengemukakan kekurangan – kekurangan diri, dan meminta atasan untuk menugaskan kepada orang lain.
D. Menerima tugas tersebut kemudian mengajak rekan- rekan kerja untuk mendiskusikan berbagai alternatif cara menyelesaikan tugas tersebut.
E. Menerima tugas tersebut kemudian mencoba menyelesaikannya sendiri
Jawaban : D
2. Apa yang dimaksud dengan manajemen perkantoran?
A. Pengelolaan anggaran perusahaan
B. Pengaturan dokumen dan arsip
C. Perencanaan dan pengorganisasian tugas administratif
D. Pembuatan laporan keuangan
E. Penanganan keluhan pelanggan
Jawaban : C
Baca Juga: 40 Soal PPPK Pengadministrasi Perkantoran 2025 dan Kunci Jawaban
3. Untuk meningkatkan efisiensi kerja di kantor, satu tindakan yang dapat diambil adalah…
A. Menambah jumlah karyawan
B. Mengurangi waktu istirahat
C. Mengimplementasikan teknologi baru
D. Mengubah struktur organisasi
E. Mengurangi anggaran operasional
Jawaban : C
4. Vendor atau pihak ketiga melaporkan bahwa proyek yang sedang dikerjakan tidak mencapai target tepat waktu. Tindakan yang saya lakukan adalah ….
A. Meminta bukti untuk dilaporkan kepada atasan
B. Meminta vendor untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
C. Meminta bukti yang lengkap untuk didiskusikan dan mencarikan solusi
D. Meminta bukti yang lengkap untuk dilaporkan kepada atasan bahwa vendor kurang baik
E. Meminta alasan kepada vendor mengapa pekerjaan tidak selesai tepat waktu
Jawaban : D
5. Dalam perencanaan administrasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah?
A. Menyusun jadwal rapat
B. Mengidentifikasi kebutuhan sumber daya
C. Menyusun anggaran tahunan
D. Menganalisis hasil kerja
E. Mengatur inventaris kantor
Jawaban : B
6. Saya mampu menuntaskan tugas sebelum batas waktu yang ditetapkan. Saya memiliki waktu senggang pada jam kerja. Biasanya waktu tersebut digunakan untuk :
A. Membaca buku- buku yang dapat mendukung pekerjaan saya
B. Menawarkan bantuan kepada rekan kerja
C. Meneliti kembali hasil pekerjaan saya
D. Bersosialisasi dengan rekan- rekan sekantor
E. Bersosialisasi dengan rekan- rekan dari tim berbeda
Jawaban : B
Baca Juga: Cara Login ASN Digital bagi PNS dan PPPK di Platform ASN Digital
7. Untuk meningkatkan efisiensi kerja di kantor, salah satu tindakan yang dapat diambil adalah…
A. Menambah jumlah karyawan
B. Mengurangi waktu istirahat
C. Mengimplementasikan teknologi baru
D. Mengubah struktur organisasi