Sonora.ID – Simak artikel berikut untuk mengetahui kunci jawaban refleksi modul 1 topik 3 PPG Daljab 2025.
Modul 1 Platform Merdeka Mengajar (PMM) membahas seputar Prinsip Pengajaran dan Asesmen (umum) yang di dalamnya terdapat materi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL).
Setelah mempelajari dan membuat aktivitas terkait modul 1 topik 3, guru diwajibkan untuk membuat refleksi pembelajaran mengenai pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL).
Pada refleksi Modul 1 Topik 3, guru diminta untuk menuliskan apa yang telah dipahami dari materi ini serta seperti apa pengaplikasiannya dalam aktivitas aksi nyata yang sudah dibuat.
Jawaban refleksi modul 1 topik 3 akan ditulis pada kolom yang telah disiapkan dengan maksimal 300 karakter termasuk angka dan tanda baca.
Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG tentang TaRL
Tentunya jawaban dari masing-masing guru akan berbeda. Namun sebagai referensi, berikut kunci jawaban refleksi modul 1 topik 3 PPG Daljab 2025 yang sudah Sonora.ID rangkum untukmu.
Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik IV, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu guru pelajari pada topik III. Ceritakan apa inspirasi yang Bapak/Ibu Guru dapatkan setelah mempelajari topik ini.
Jawaban:
Contoh 1
Inspirasi yang saya dapatkan dari topik ini yaitu pendekatan TaRL merupakan hasil dari perencanaan tujuan pembelajaran, asesmen pembelajaran serta rancangan kegiatan pembelajaran yang suda dibuat akan ditelaah dengan cara melakukan asesmen awal pada peserta didik yang beragam.
Kemudian dari hasil asesmen awal, guru dapat memperbaiki rancangan pembelajarannya dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik, selanjutnya mengimplementasikan rancangan pembelajaran serta melakukan asesmen sumatif untuk mengukut ketercapaian tujuan pembelajaran.
Asesmen sumatif ini dapat digunakan untuk asesmen awal pembelajaran selanjutnya.
Contoh 2
Metode refleksi yang saya gunakan adalah 4 F :
Fact
Melaksanakan pembelajaran dengan TaRL membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Efektif karena pembelajaran ini mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuanya dan tugas yang diberikan juga menyesuaikan dengan kemampuan setiap kelompok. Menarik karena pembelajaran ini lebih aktif.
Feeling
Saat pembelajaran berlangsung saya merasa menjadi guru yang bahagia karena bisa menyampaikan semua materi sesuai yang diharapkan.
Finding
Beberapa siswa yang tidak tertarik dengan pelajaran saya sebelumnya sudah mulai memperlihatkan ketertarikannya.
Future
Pembelajaran dengan penerapan TaRL akan tetap saya gunakan dan akan saya tambahkan lagi dengan hal hal baru yang saya dapatkan agar pembelajaran saya lebih efektif dan menarik lagi.
Sumber: Jurnal Pembelajaran: Menerapkan Pembelajaran berbasis Teaching at The Right Level (TaRL) pada pelajaran Bahasa Inggris Kelas 9 Materi Congratulations oleh Agustin Nuradin, S.Pd
Contoh 3
Pendekatan teaching at the right level (TaRL) memberikan inspirasi penting bagi saya sebagai guru.
Pendekatan ini menekankan pentingnya menyesuaikan pengajaran dengan tingkat kemampuan murid.
Bukan hanya berdasarkan tingkat kelas. Hal ini juga memastikan tiap murid mendapatkan hak belajar untuk m encapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Dalam penerapannya sayat belajar bahwa assesmen awal pembelajaran sangat krusial.
Asesmen ini membantu saya memahami karakteristik, potensi, dan kebutuhan murid sehingga saya bisa merencanakan pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan perkembangan mereka.
Dengan demikian saya dapat memberikan pendampingan yang tepat bagi murid yang belum mencapai capaian pembelajaran.
Selain itu pendekatan ini juga dapat menginspirasi saya untuk lebih fokus pada peningkatan kompetensi numerasi dan literasi murid memberikan waktu yang cukup bagi murid untuk membangun dan meningkat.
Kompetensi ini sangat penting agar mereka dapat mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG tentang UbD