Contoh Jurnal Modul 3 PPG 2025, Tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai

12 Juni 2025 13:00 WIB
Ilustrasi contoh jurnal Modul 3 PPG 2025
Ilustrasi contoh jurnal Modul 3 PPG 2025 ( freepik.com)

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas tentang contoh jurnal Modul 3 PPG 2025 yang dapat Anda simak dengan lengkap.

Para peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 akan diarahkan untuk mengerjakan jurnal setelah melewati post test dan refleksi.

Agar tidak salah dalam mengerjakan tugas tersebut, peserta PPG 2025 dapat menyimak contoh jurnal Modul 3 terlebih dahulu.

Berikut Sonora ID bagikan contoh jurnal Modul 3 PPG 2025 yang dapat Anda jadikan sebagai referensi penulisan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Post Test PSE 3 Modul 2 PPG 2025: Pembelajaran Sosial Emosional

Contoh Jurnal

JUDUL JURNAL

JURNAL PEMBELAJARAN MODUL 3: FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

JUDUL AKSI NYATA: FILSAFAT PANCASILA DAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN NASIONAL

A. Filsafat Pendidikan Nasional

Filsafat pendidikan nasional mencerminkan pandangan hidup bangsa yang dijadikan pijakan dalam pelaksanaan pendidikan. Filsafat ini berakar dari Pancasila dan UUD 1945 serta nilai-nilai luhur budaya bangsa. Tujuan utama dari filsafat ini adalah membentuk manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, berbudi pekerti luhur, dan berwawasan kebangsaan.

Nilai-nilai dalam Pancasila yang menjadi dasar pendidikan nasional:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa: Mendorong pendidikan yang membentuk karakter religius dan menghargai perbedaan keyakinan.
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menumbuhkan sikap empati, adil, dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.
  • Persatuan Indonesia: Memupuk rasa cinta tanah air dan kesadaran akan keberagaman.
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Mendorong pembelajaran demokratis dan partisipatif.
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Menjamin pendidikan yang inklusif dan berkeadilan bagi seluruh anak bangsa.

B. Pendidikan Nilai dan Penguatan Karakter

Pendidikan nilai adalah proses membentuk karakter peserta didik melalui internalisasi nilai-nilai moral, budaya, dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan ini bertujuan mengembangkan pribadi yang tangguh, jujur, bertanggung jawab, dan beretika.

Pendekatan yang digunakan dalam pendidikan nilai meliputi:

  • Teladan: Guru menjadi contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.
  • Internalisasi: Proses menanamkan nilai secara mendalam melalui pengalaman emosional dan reflektif.
  • Pembiasaan: Membentuk kebiasaan positif secara konsisten.
  • Partisipasi Aktif: Melibatkan peserta didik dalam aktivitas pembelajaran yang bermakna.
  • Kontekstualisasi: Mengaitkan nilai dengan kehidupan nyata siswa.

C. Nilai-Nilai Profesi Guru dalam Konteks PPG

Sebagai pendidik profesional, guru harus mencerminkan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan etika profesinya:

  • Profesionalisme: Guru wajib melaksanakan tugas secara kompeten dan bertanggung jawab.
  • Integritas: Menjaga kejujuran dan konsistensi antara perkataan dan tindakan.
  • Tanggung Jawab: Melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu.
  • Keteladanan: Menjadi figur yang bisa dijadikan panutan oleh peserta didik.
  • Keadilan: Bersikap adil dan tidak diskriminatif dalam mendidik.

D. Kode Etik Profesi Guru

Kode etik menjadi pedoman moral dalam menjalankan tugas. Fungsinya antara lain:

  • Menjaga integritas profesi.
  • Membangun kepercayaan publik.
  • Mengarahkan perilaku profesional.
  • Melindungi peserta didik.
  • Mencegah penyalahgunaan wewenang.

Contoh Penerapan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PPKn (Kelas 5 SD)

Mata Pelajaran: PPKn

Topik: Pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman

Pendekatan: Pembelajaran Berbasis Nilai dan Proyek

Baca Juga: Contoh Jurnal Modul 1 Topik 4 PPG 2025: Culturally Responsive Teaching (CRT)

I. Tujuan:

  1. Memahami makna persatuan dalam konteks keberagaman
  2. Menunjukkan perilaku toleran dan cinta tanah air

II. Nilai yang Ditanamkan:

  • Persatuan, Toleransi, Cinta Tanah Air, Tanggung Jawab,
  • Kejujuran, Gotong Royong

Kegiatan Pembelajaran:

III. Pendahuluan:

Apersepsi dan motivasi tentang pengalaman hidup bersama dalam keberagaman

IV. Kegiatan Inti:

  • Menyaksikan video tentang kerukunan
  • Diskusi kelompok dan penyelesaian studi kasus
  • Pembuatan poster bertema "Bersatu dalam Perbedaan"

Penutup:

Refleksi nilai

Penugasan tindakan nyata menjaga persatuan

V. Asesmen:

  • Observasi sikap
  • Evaluasi hasil produk poster
  • Ujian tulis

VI. Penguatan Literasi dan Numerasi:

  • Membaca cerita tokoh nasional
  • Menyusun grafik keberagaman suku di Indonesia

VII. Pengayaan dan Remedial:

  • Pengayaan: Video tentang keberagaman
  • Remedial: Diskusi bimbingan

Dokumentasi Pembelajaran:

  • Foto guru mengajar
  • Foto diskusi kelompok
  • Foto presentasi siswa

••Foto refleksi dan penguatan nilai oleh guru

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm