Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 PPG 2025, Aksi Nyata Peran Guru sebagai Teladan

12 Juni 2025 14:30 WIB
Ilustrasi kunci jawaban cerita reflektif Modul 2 PPG 2025
Ilustrasi kunci jawaban cerita reflektif Modul 2 PPG 2025 ( freepik.com)

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas tentang kunci jawaban cerita reflektif modul 2 PPG 2025 untuk disimak secara lengkap.

Para peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 akan dihadapkan dengan tugas untuk membuat rencana pembelajaran.

Agar tidak salah dalam mengerjakan tugas tersebut, Anda dapat menyimak kunci jawaban dari cerita reflektif Modul 2 terlebih dahulu.

Berikut Sonora ID bagikan kunci jawaban cerita reflektif Modul 2 PPG 2025 berikut ini sebagai referensi Anda dalam pembuatan rencana pembelajaran.

Baca Juga: Kunci Jawaban Post Test PSE 3 Modul 2 PPG 2025: Pembelajaran Sosial Emosional

Cerita Reflektif

Anda telah mengetahui bahwa penting bagi Guru untuk menjadi teladan. Mari mencoba membuat rencana pembelajaran dikaitkan dengan pembelajaran sosial emosional, yang berbasis Empathy, Mindfulness, Compassion, Critical Inquiry!

Kunci Jawaban: 

Rencana Pembelajaran Terintegrasi EMCI

  • Mata Pelajaran IPAS - Kelas 4 SD
  • Topik: Lingkungan Sekitarku: Teman-teman Pohon dan Sampah di Sekitar Kita
  • Jenjang: Kelas 4 SD
  • Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (Dapat disesuaikan)

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

IPAS:

  • Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan perannya bagi lingkungan (misalnya, menghasilkan oksigen, menahan air).
  • Mengidentifikasi jenis-jenis sampah sederhana (organik, anorganik) dan dampaknya terhadap lingkungan.
    Menyebutkan cara sederhana menjaga kebersihan lingkungan.

EMCI (Kesadaran Diri, Kesadaran Sosial, Pengambilan Keputusan Bertanggung Jawab):

  • Merasakan empati terhadap tumbuhan, hewan kecil, dan sesama manusia yang terganggu karena sampah.
  • Menerapkan mindfulness dalam mengamati keindahan alam dan masalah sampah di sekitar.
  • Menumbuhkan compassion (kepedulian) untuk menjaga lingkungan.
  • Melakukan critical inquiry dalam mengidentifikasi masalah sederhana dan mencari solusi nyata.

2. Materi Ajar

  • IPAS: Bagian tumbuhan (akar, batang, daun), fungsi tumbuhan, jenis sampah, dampak sampah, cara membuang sampah.
  • EMCI: Konsep empati (merasakan perasaan orang lain/makhluk lain), observasi sadar (mindfulness), kepedulian, dan berpikir kritis sederhana (bertanya "mengapa?" dan "bagaimana?").

3. Media dan Sumber Belajar

  • Gambar/video singkat tentang hutan hijau dan lingkungan kotor.
  • Contoh nyata daun, bunga, atau bagian tumbuhan.
  • Contoh sampah organik dan anorganik (bawa beberapa dari rumah untuk didiskusikan).
  • Tong sampah terpilah (jika ada).
  • Kertas gambar, pensil warna/krayon.
  • Lembar kerja sederhana.

4. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 Menit)

Praktik Mindfulness (Napas Perhatian dan Sensasi Tubuh):

  • Guru memimpin peserta didik untuk duduk tegak, menenangkan diri. "Mari kita ambil napas dalam-dalam, hirup udara segar, lalu hembuskan perlahan. Rasakan tubuhmu duduk di kursi. Perhatikan suara-suara di sekitarmu, lalu kembalikan perhatian pada napasmu." (Melatih Mindfulness untuk memfokuskan diri).

Apersepsi & Pancingan Rasa (Empati):

  • Guru menunjukkan gambar atau video singkat tentang pohon-pohon yang rindang, bunga-bunga indah, lalu beralih ke gambar lingkungan yang kotor karena sampah.
  • Guru bertanya: "Gambar mana yang membuatmu merasa nyaman? Mengapa? Bagaimana perasaan pohon-pohon atau hewan kecil jika lingkungannya kotor seperti ini? Bagaimana perasaanmu jika rumahmu penuh sampah?" (Mendorong Empati terhadap lingkungan dan makhluk hidup).

Kegiatan Inti (50 Menit)

Eksplorasi "Teman-teman Pohon" (IPAS & Mindfulness):

  • Guru membawa contoh daun, bunga, atau bagian tumbuhan. Ajak peserta didik mengamati bagian-bagian tersebut dengan cermat. "Perhatikan bentuk daun ini, warna bunganya. Bagaimana baunya?" (Mendorong Mindfulness dalam observasi).
  • Guru menjelaskan fungsi tumbuhan (menghasilkan oksigen, rumah bagi hewan, menahan air). "Bayangkan jika tidak ada pohon, bagaimana rasanya udara yang kita hirup?" (Meningkatkan Empati terhadap pentingnya tumbuhan).

Identifikasi Sampah dan Dampaknya (IPAS & Critical Inquiry):

  • Guru menunjukkan beberapa contoh sampah yang dibawa (misalnya: kulit pisang, botol plastik, kertas). "Lihatlah benda-benda ini. Apakah ini sampah? Mengapa kita tidak boleh membuangnya sembarangan?" (Memicu Critical Inquiry sederhana).
  • Guru menjelaskan perbedaan sampah organik dan anorganik secara sederhana. "Apa yang terjadi jika sampah plastik dibuang ke sungai? Bagaimana perasaan ikan-ikan di sana?" (Mengembangkan Empati terhadap dampak sampah).

Solusi Sederhana & Aksi (Compassion & Pengambilan Keputusan Bertanggung Jawab):

Baca Juga: Contoh Jurnal Modul 1 Topik 4 PPG 2025: Culturally Responsive Teaching (CRT)

  • Diskusi Kelompok Kecil: Peserta didik berdiskusi tentang cara membuang sampah yang benar dan cara menjaga lingkungan agar tetap bersih.
  • Guru mendorong mereka untuk berpikir: "Apa yang bisa kita lakukan, sekecil apa pun, agar lingkungan kita bersih dan sehat?" (Mendorong Critical Inquiry untuk solusi dan Compassion melalui aksi).
  • Aktivitas Menggambar/Menulis: Minta peserta didik untuk menggambar atau menuliskan satu ide sederhana tentang cara menjaga lingkungan (misalnya, membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon kecil, membersihkan kamar).

Penutup (10 Menit)

Refleksi & Komitmen (Kesadaran Diri & Compassion):

  • Guru meminta beberapa peserta didik berbagi ide atau gambar mereka.
  • Guru bertanya: "Setelah belajar hari ini, apa yang kamu rasakan tentang lingkunganmu? Apa satu janji yang akan kamu lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan?" (Menguatkan Kesadaran Diri dan komitmen Compassion).

Apresiasi:

  • Guru memuji usaha dan kepedulian peserta didik, menekankan bahwa setiap anak memiliki peran penting dalam menjaga bumi.

5. Penilaian

  • Observasi (EMCI): Guru mengamati partisipasi peserta didik dalam diskusi (kemampuan mendengarkan, menunjukkan empati), ekspresi emosi yang sehat, dan semangat menjaga kebersihan.
  • IPAS: Kemampuan mengidentifikasi bagian tumbuhan dan jenis sampah, serta menyebutkan dampak dan cara menjaga lingkungan.
  • Produk (EMCI & IPAS): Gambar atau tulisan peserta didik yang menunjukkan pemahaman tentang lingkungan dan komitmen untuk menjaganya.

Dengan pendekatan ini, pembelajaran IPAS menjadi lebih hidup dan relevan, sambil secara aktif mengembangkan Empati, Mindfulness, Compassion, dan Critical Inquiry pada peserta didik Kelas 4 SD. 

Guru menjadi teladan melalui cara memfasilitasi diskusi, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm