Contoh Jurnal Pembelajaran Sosial Emosional Modul 2 PPG 2025

17 Juni 2025 17:01 WIB
Ilustrasi Contoh Jurnal Pembelajaran Sosial Emosional Modul 2 PPG 2025
Ilustrasi Contoh Jurnal Pembelajaran Sosial Emosional Modul 2 PPG 2025 ( Freepik)

Sonora.ID – Artikel ini membahas contoh jurnal pembelajaran sosial emosional modul 2 PPG 2025.

Membuat jurnal pembelajaran sosial emosional merupakan salah satu tugas yang dimuat pada program PPG. 

PSE atau Pembelajaran Emosional dimaksudkan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam memahami dan mengelola emosi.

Jurnal Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional PPG 2025 ini nantinya diunggah setelah guru selesai mengerjakan latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test di Ruang GTK.

Tugas ini dibuat untuk dapat mengembangkan kompetensi sosial serta emosional yang dimiliki oleh guru.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Refleksi Modul 2 Topik 2, Pembelajaran Sosial Emosional 

Maka dari itu, melalui jurnal ini diharapkan guru dapat menerapkan dalam pembelajaran di kelas. 

Oleh karena itu, untuk membantu Anda membuat jurnal PSE, Sonora.ID telah merangkum contoh jurnal pembelajaran sosial emosional modul 2 PPG 2025 berikut ini.

Contoh 1

JUDUL JURNAL: JURNAL PEMBELAJARAN MODUL 2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

Judul: Menerapkan Rencana Pembelajaran Sosial Emosional CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)

Setelah saya mempelajari materi Pembelajaran Sosial Emosional di Ruang GTK untuk peserta PPG bagi Guru tertentu batch 1 tahun, saya berencana untuk menerapkan pembelajaran berbasis sosial emosional di kelas saya sesuai dengan wawasan baru yang sudah saya dapatkan.

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah proses penting yang membantu peserta didik mengembangkan keterampilan dan sikap untuk memahami diri sendiri, mengelola emosi, berempati, dan membangun hubungan positif.

Dengan mengintegrasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dalam kegiatan pembelajaran, saya yakin dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik peserta didik serta meningkatkan kesejahteraan psikologis seluruh warga sekolah.

Pembelajaran yang didasari prinsip sosial emosional ini tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial emosional yang esensial untuk kehidupan para siswa.

A. Pengertian CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah sebuah proses di mana kita dapat memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengembangkan identitas yang sehat, mengelola emosi, mencapai tujuan pribadi dan kolektif, merasakan dan menunjukkan empati terhadap orang lain, membangun dan memelihara hubungan yang mendukung, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab dan penuh rasa kepedulian.

PSE sendiri mencakup lima kompetensi utama: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berhubungan, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

B. Tujuan CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)

1. Meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa.
2. Membangun lingkungan belajar yang inklusif dan suportif.
3. Menumbuhkan karakter siswa: empati, kerja sama, dan tanggung jawab.
4. Meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik siswa.

TOPIK 1: PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL: MENGAPA PENTING?
Durasi: 3 hari

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm