Sonora.ID -KegiatanMPLS SMP dari hari pertama hingga hari kelima telah dirilis Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia (Kemendikdasmen).
Rujukan kegiatan MPLS SMP yang diatur Kemendikdasmen tidak hanya memuat soal materi kegiatan, tetapi juga informasi durasi, alat atau bahan, dan alur pelaksanaan MPLS.
Rujukan kegiatan MPLS SMP ini disusun untuk memudahkan para pendidik melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah secara efektif.
Selain soal keefektifan, kegiatan MPLS SMP juga dirancang melalui berbagai aktivitas untuk memberikan pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Adapun kegiatan MPLS diselenggarakan selama lima hari agar calon murid dapat mengenal, beradaptasi, serta berinteraksi dengan baik di lingkungan sekolah baru.
Berikut kegiatan MPLS SMP 2025 resmi dari Kemendikdasmen lengkap dengan link PDF panduannya.
Hari 1
Kegiatan Senam Anak Indonesia Hebat
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Berdoa Bersama
Murid dikenalkan visi, misi, program, dan budaya satuan Pendidikan agar memahami dan menghargai fungsi satuan pendidikan sebagai tempat pembelajaran dan pengembangan diri.
Murid diajak tur keliling satuan pendidikan untuk melihat fasilitas pembelajaran agar lebih mengenal satuan pendidikan dan siap untuk memulai pembelajaran.
Murid diminta untuk identifikasi kondisi dan fasilitas yang terdapat di lingkungan sekitar satuan pendidikan untuk mengetahui layanan, akses, dan akomodasi pembelajaran.
Murid diperkenalkan nilai Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dengan bernyanyi, beraksi dan simulasi catatan harian.
Murid diajak menonton video penggunaan internet dan media sosial yang sehat kemudian membuat contoh takarir dengan pesan positif.
Hari 2
Kegiatan Senam Anak Indonesia Hebat
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Berdoa Bersama
Murid diajak untuk berbagi cerita tentang harapan dan kekhawatirannya menjadi murid baru dan mendiskusikan solusinya dengan Pohon Harapan dan Pohon Solusi.
Murid dikenalkan 8 Profil Lulusan yaitu Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME, Kewargaan, Penalaran Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, Kemandirian, Kesehatan dan Komunikasi.
Murid diajak berdiskusi dengan membedakan lingkungan aman, lingkungan nyaman dan lingkungan menggembirakan.
Murid diajak belajar untuk mengenali ancaman dan bahaya bencana (termasuk bahaya sehari-hari), informasi peringatan dini, jalur evakuasi, peralatan keselamatan, dan mempraktikkan tindakan penyelamatan serta evakuasi dalam situasi darurat.
Hari 3
Kegiatan Senam Anak Indonesia Hebat
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Berdoa Bersama
Murid mengisi instrument yang terdiri dari 12 soal literasi membaca dan 12 soal numerasi.
Murid diajak untuk mengidentifikasi dan memahami potensi diri melalui analisis SWOT sederhana.
Murid diperkenalkan dengan OSIS, MPK, Kepanduan dan Ekstrakurikuler untuk dihubungkan dengan minat dan bakatnya yang telah dieksplorasi.
Murid diperkenalkan seluruh mata pelajaran wajib dan pilihan serta cara belajar efektif dan menyenangkan dengan analisis SWOT sederhana, permainan kartu dan refleksi.
Hari 4
Kegiatan Senam Anak Indonesia Hebat
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Berdoa Bersama
Murid diajak untuk melakukan kegiatan sosial dan lingkungan seperti menanam pohon, memilah sampah, atau membersihkan satuan pendidikan.
Murid diajak menonton film “Kemenangan Sejati” dan refleksi kegiatan agar meningkatkan kesadaran dan dampak yang diakibatkan oleh judi online.
Murid diajak menonton film soal bahaya narkoba, membedakan mitos dan fakta, serta membuat pohon komitmen bersama.
Hari 5
Kegiatan Senam Anak Indonesia Hebat
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Berdoa Bersama
Murid diminta untuk menunjukan bakat dan minatnya baik dari bidang kesenian, olahraga, permainan tradisional, dan lainnya baik secara individu maupun kelompok.