Find Us On Social Media :
Yogyakarta terapkan ETLE (Kompas.com)

Setelah Jakarta dan Surabaya, Yogyakarta akan Menyusul Terapkan ETLE

Prameswari Sasmita - Minggu, 1 Maret 2020 | 15:10 WIB

Sonora.ID - Menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan pengendara atau pengguna kendaraan bermotor memang sudah menjadi kewajiban seluruh pengguna jalan.

Meski demikian, tidak semua pengguna jalan menyadari kewajibannya tersebut sehingga pelanggaran pun kerap kali dilakukan oleh berbagai oknum.

Maka, pihak kepolisian pun melakukan berbagai upaya untuk menertibkan para pengguna jalan, salah satunya dengan menerapkan sistem e-tilang atau tilang elektronik.

Baca Juga: Surabaya Terapkan E-Tilang Ke Pengendara Yang Bermesraan di Jalan Raya

Dengan bantuan kamera yang merekam kondisi jalanan, Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE dianggap langkah yang cukup ampuh untuk membantu kerja polisi dalam menertibkan pengguna jalan.

Setelah berhasil dilakukan di Ibu Kota DKI Jakarta, kemudian sistem ini pun diberlakukan di Surabaya, dan saat ini kepolisian Yogyakarta menyatakan akan segera melakukan uji coba untuk menerapkan ETLE ini.

Penerapan sistem tilang elektronik di Jogja ini dikabarkan akan terlaksana pada akhir Maret atau awal April yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus yang menyatakan bahwa saat ini dirinya dan tim sedang dalam tahap persiapan.

Baca Juga: Begini Cara Mengakali Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze!