Find Us On Social Media :
ilustrasi ampas kopi ()

Jangan Buang Sisa Ampas Kopi Anda, Gunakan Untuk Pupuk Tanaman

Mirza Ariyanti - Kamis, 18 Juni 2020 | 16:00 WIB

Sonora.ID - Ada banyak pilihan membantu Anda konsentrasi pada saat bekerja. Misalnya dengan konsumsi secangkir kopi mungkin sampai lebih 1 gelas perharinya.

Apa jadinya jika kopi yang kita konsumsi masih tersisa di meja kantor Anda? Nah, untuk memanfaatkan kopi yang tersisa anda bisa memanfaatkannya dengan memberi pupuk pada tanaman Anda.

Dilansir dari House Beautiful (23/7) kopi merupakan sumber nitrogen yang besar. Beberapa jenis tanaman yang membutuhkan tanah yang lebih asam bisa memperoleh dari nitrogen tersebut. Seperti pada tanaman blueberry, azalea, rhododendron, mawar, violet dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tidak Suka Kopi Tapi Ingin Dalgona? Ganti Saja Dengan Cokelat!

Tapi hal yang perlu anda ingat tidak serta anda memberikan sisa kopi pada tanaman Anda. Ada cara khusus yang harus anda lakukan, yaitu dengan mengecek dulu kopi yang anda konsumsi tadi tidak mengandung gula, susu atau pemanis lainnya.

Cukup kopi saja yang diseduh seperti biasa. Kemudian siram ke tanaman dan lakukan dalam waktu seminggu sekali dengan jumlah yang sedikit. Bukan hanya air kopinya saja yang bermanfaat untuk tanaman.

Perlu Anda ketahui limbah atau ampas kopi mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tanah dan tanaman. Ampas kopi mengandung gas nitrogen yang relatif tinggi dengan rasio karbon dan nitrogen 20-24:1.

Baca Juga: Kopi Pahit Bikin Penyakit? Duta Kopi Nasional: Itu Salah Besar