Find Us On Social Media :
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yusuf Effendi (SmartFM Banjarmasin)

Alami Gangguan Internet, Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK di Kalsel Diperpanjang

Fakhrurazi - Rabu, 1 Juli 2020 | 14:50 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jenjang pendidikan SMA dan SMK di Kalimantan Selatan yang dilaksakan secara online, terpaksa harus diperpanjang hingga 3 Juli 2020.

Sebelumnya jadwal PPDB telah berakhir hari ini (1/07/20) sejak dimulai tanggal 29 Juni 2020 lalu. ⁣

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yusuf Effendi menjelaskan, perpanjangan jadwal PPDB online disebabkan kendala gangguan internet hingga masyarakat kesulitan saat mengakses dan input data calon peserta didik.

“Ada gangguan pada saat data calon peserta dimasukan dalam aplikasi”, ungkap Yusuf kepada Smart FM Banjarmasin via sambungan telepon.⁣

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jawa TengAH SMA/SMK 2020

Kondisi ini diprediksi dikarenakan banyaknya masyarakat yang ingin mengakses situs PPDB online, sehingga terjadi singkronisasi yang dipicu oleh berkurangnya kekuatan server yang disediakan PT. Telkom Indonesia.

“Yang jelas orang secara bersamaan mengakses internet”, sambung Yusuf.⁣

Akibanya, sebagian data calon peserta didik khususnya SMK yang telah melakukan pendaftaran pada 29 Juni 2020, hilang dengan sendirinya.

Oleh karenanya, calon peserta didik dimohon untuk kembali melakukan proses pendaftaran seperti semula di laman web kalsel.siap.ppdb.com pada 1 Juli 2020, sejak pukul 8 pagi tadi hingga 8 malam.⁣

Baca Juga: Cegah Penyalahgunaan Wewenang, Ombudsman Makassar Buka Layanan Pengaduan PPDB