Find Us On Social Media :
TransJakarta sedang uji coba teknis bus listrik. (Kompas.com)

Uji Coba Bus Listrik Transjakarta Selama 3 Bulan, Ini Rute dan Jamnya

Sienty Ayu Monica - Senin, 6 Juli 2020 | 13:20 WIB

Sonora.ID – Selama tiga bulan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan uji coba dua unit bus listrik keluaran BYD dengan mengangkut pelanggan mulai dari Senin (6/7/2020).

Rute EV1 yang nantinya difokuskan untuk melayani penumpang mulai dari Balai Kota hingga Blok M.

PT Bakrie Autoparts sebagai agen BYD membawa dua unit bus dengan jenis single low entry tipe K9 dan bus medium tipe C6 dalam uji coba kali ini.

Baca Juga: Sardjono Jhony Tjitrokusumo Resmi Terpilih Jadi Dirut Transjakarta

Pada masa pra ujicoba, bus listrik hanya dioperasikan dengan mengangkut galon air dan masyarakat yang ada di tempat wisata, tercatat ada 13.000 masyarakat yang sudah menjajal bus tersebut.

Bus BYD yang saat ini dioperasikan diklaim memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Waktu pengisian daya tahan baterai memakan waktu 4 jam, sementara daya jelajahnya dalam sekali pengisian diperkirakan bisa mencapai 250 km.

Selama pengoperasian uji coba di masa pandemi ini, Transjakarta juga mengacu pada protokol Covid-19.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sahabat TiJe, bus listrik Transjakarta hadir lagi di Jakarta dalam rangka uji coba. . . Protokol PSBB transisi tetap diterapkan selama masa uji coba bus listrik ini jadi pastikan tetap selalu menjaga jarak, menggunakan masker, dan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. . . Pada masa uji coba ini, bus listrik akan beroperasi pada rute khusus EV1: Blok M - Balai Kota dan dapat digunakan secara gratis dengan tetap melakukan tap in dan tap out pada bus. Jadi para pelanggan yang ingin menggunakan bus listrik, jangan lupa bawa kartu uang elektronikmu ya.

A post shared by PT Transportasi Jakarta (@pt_transjakarta) on

Baca Juga: Tanggap Covid-19, PT Transjakarta Wajibkan Penumpang Pakai Masker