Find Us On Social Media :
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat bertemu Wali Kota Bandung Oded M Danial di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (10/7/2020). (Sonora.ID/Indra Gunawan)

Ridwan Kamil Minta Pemkot Bandung Gelar Rapid Test Secara Masif

Indra Gunawan - Sabtu, 11 Juli 2020 | 10:45 WIB

Bandung, Sonora.ID - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta Wali Kota Bandung Oded M Danial untukmenggelar tes masif bagi warga sekitar institusi pendidikan kenegaraan di Kota Bandung setelah menjadi klaster penularan COVID-19.

"Kami sepakat dengan Pak Wali Kota Bandung. Pertama, pengetesan masif di lingkungan sekitar itu wajib, bukan pilihan. Karena di Sukabumi dulu, pelajarannya, tersebar juga ke wilayah sekitarnya, sehingga itu akan dilakukan Pak Wali Kota secepatnya," ucap Gubernur usai bertemu Walikota di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (10/7/2020).

“Kedua, saya sarankan di kawasan itu dan sekitarnya dilakukan PSBM secara ketat, yaitu Pembatasan Sosial Berskala Mikro. Jadi, jalan-jalan masuk akan ditutup, nanti yang boleh masuk hanya penghuni, kegiatan tersier dan sekunder itu selama 14 hari saya minta ditutup dulu untuk memastikan tidak ada kebocoran,” imbuhnya.

Baca Juga: Kemenkopolhukam Apresiasi PSBB di Kota Bandung Selama Pandemi Covid-19

Gubernur mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI bahwa klaster institusi pendidikan kenegaraan akan ditangani langsung oleh TNI AD. Maka, gugus tugas provinsi dan kota akan memfokuskan pelacakan dan tes masif di sekitar institusi tersebut.

“Saya juga sudah lapor ke Panglima TNI dan Pak Doni Monardo (Ketua GTPP COVID-19 nasional) dan sudah disepakati bahwa puluhan sekolah-sekolah vertikal itu akan dites masif untuk memastikan bahwa hal-hal seperti ini tidak terulang lagi,” kata Gubernur yang kerap disapa Kang Emil.