Find Us On Social Media :
Kebun Raya Purwodadi kembali dibuka. (Sonora.ID/Budi Santoso)

Kebun Raya Purwodadi Buka Kembali dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Budi Santoso - Senin, 27 Juli 2020 | 13:35 WIB

Surabaya, Sonora.ID - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali membuka Kebun Raya Purwodadi yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur untuk kunjungan umum, Senin (27/07/2020).

Pembukaan kembali ini dilakukan setelah melakukan persiapan matang dan berkoordinasi intensif dengan pemerintah daerah setempat. Penyiapan sarana dan prasarana ditetapkan sesuai protokol pencegahan penularan Covid-19 oleh otoritas kesehatan.

Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI, Bayu Adjie mengatakan, pembukaan kembali tersebut merujuk pada Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 155/F/2020 tentang Pembukaan Kembali Layanan Kebun Raya di lingkungan LIPI dan disertai dengan sejumlah protokol kunjungan di kawasan Kebun Raya.

Baca Juga: Hasil Razia Serentak, Pemkot Surabaya Klaim 95 Persen Warga Pakai Masker

“Dibukanya kembali Kebun Raya Purwodadi yang memiliki luas 85 hektar diharapkan dapat memberikan alternatif tempat wisata edukasi bagi masyarakat,” kata Bayu.

Sebelumnya LIPI telah membuka kembali Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas pada 7 Juli serta Kebun Raya “Eka Karya” Bali pada 22 Juli 2020 lalu.

Mengusung konsep Wisata Tangguh SEMERU (Sehat – aMan – tErtib - Rukun), pembukaan kembali Kebun Raya Purwodadi diterapkan dalam beberapa fase. Dimulai pada fase nol (0) atau fase persiapan sebelum pembukaan kembali, sampai dengan fase tiga (3).