Find Us On Social Media :
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi ()

Medan, Binjai, dan Deli Serdang Duduki Kasus Terbanyak Covid-19 di Sumut

Wahyuni - Rabu, 5 Agustus 2020 | 19:00 WIB

Medan, Sonora.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara menyebutkan kawasan Mebidang (Medan, Binjai dan Deli Serdang) menjadi kota dengan angka positif penularan terbanyak dari kabupaten/kota lainnya di provinsi ini.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, persentase kasus konfirmasi Covid-19 di Sumut, hingga kini Kota Medan menyumbang 61 persen, Kabupaten Deli Serdang 13 persen dan Kota Binjai 2 persen.

Sisanya 24 persen tersebar di 30 kabupaten/kota yang lain, dengan data terbaru per 3 Agustus 2020 sebanyak 4.193 kasus.

Baca Juga: Efisiensi, Sumut Perkuat Transaksi Digital dengan Terapkan CMS

Dengan demikian, ada 76 persen kasus disumbang oleh tiga daerah yang mobilitas masyarakat antara daerahnya dinilai mempengaruhi peningkatan penularan Covid-19.

“Ini ada Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang, kita turun tangan di dalamnya, karena ini lebih dari satu kabupaten/kota. Langkahnya untuk memastikan upaya isolasi kepada pasien ringan dan sedang ke tempat-tempat yang disiapkan, membentuk tim untuk pendisiplinan masyarakat agar patuh dengan protokol kesehatan,” kata Gubernur.

Menurut Gubsu, untuk menekan penyebaran semakin meluas, ada berbagai kegiatan peningkatan pengendalian Covid-19 khusus di kawasan Mebidang, adalah sosialisasi, penyekatan, penyiapan dan penambahan karantina terpusat, penambahan ruangan isolasi di RS rujukan, persiapan menambah RS rujukan.

Baca Juga: Tahun 2019, Pendapatan Daerah Sumut Terealisasi 93,20 Persen