Find Us On Social Media :
Ilustrasi psikolog dengan pasiennya ()

Segera Hubungi Psikolog Jika Anda Mengalami 7 Tanda Berikut Ini!

Sienty Ayu Monica - Sabtu, 7 November 2020 | 09:45 WIB

Sonora.ID – Terkadang, kondisi mental kita memang tidak stabil. Ada kalanya, kita melewati masa terpuruk karena suatu peristiwa yang memukul hati.

Misalnya seperti kematian salah satu anggota keluarga, putus cinta, keterpurukan finansial, dan kegagalan dalam bidang pendidikan maupun karier.

Jika Anda mengalami beberapa tanda berikut ini, mungkin ini sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan psikolog.

Baca Juga: Lakukan Hal-Hal Ini Untuk Dapatkan Ketenangan dan Kebahagiaan Jiwa

Apa saja tanda-tanda tersebut?

Dirundung kesedihan terus-menerus

Rasa sedih memang wajar dialami oleh stiap orang, namun jika Anda mengalaminya secara terus menerus dengan atau tidak adanya sebab, maka Anda butuh untuk pergi menemui psikolog.

Melansir dari laman Thrive Global, menurut Caroline Vaile Wright, Ph.D dari American Psychological Association dan Mark Olfson, M.D., profesor dari departemen psikiatri di Columbia University, jika kita tidak bisa keluar dari kesedihan selama 2 minggu atau lebih, ini adalah kondisi di luar kesedihan normal dan kamu harus memeriksakannya.

Baca Juga: Lingkungan Sosial Bentuk Kondisi Mental, dr. Tompi: Perlu Ketemu Orang

Sakit fisik yang sulit dijelaskan

Masalah mental ternyata tidak hanya berpengaruh secara emosional, namun bisa juga fisik. Misalnya tiba-tiba merasa sakit perut, pusing, ketegangan yang sulit dijelaskan, dan peningkatan tekanan darah.

Caroline menjelaskan, nyeri fisik yang sulit dijelaskan ini adalah hasil dari kondisi psikologis kita. Masalah yang sebenarnya mungkin bukan berada di tubuh, melainkan di jiwa dan pikiran kita.