Find Us On Social Media :
Ilustrasi bendungan. (Tribun Jateng)

Antisipasi Banjir, Semarang Akan Bangun Bendungan Senilai Rp 2 Triliun

Siti Khodijah - Senin, 9 November 2020 | 21:55 WIB

Sonora.ID - Masuk musim hujan, beberapa daerah di sekitaran wilayah Semarang memang sering dilanda banjir. Bendungan senilai Rp 2 triliun pun akan dibangun di Desa Candirejo, kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bendungan serbaguna yang memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) Jragung tersebut memiliki total luas 624 hektar, dengan luas genangan mencapai 500 hektar.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana M. Adek Rizaldi mengatakan, bendungan itu dapat mengendalikan banjir di wilayah Demak dan Kota Semarang. Selain itu juga dapat mengaliri ribuan hektar sawah termasuk di wilayah Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Sebutan Patung Pangeran Diponegoro di Semarang Bukan Patung Kuda!

Bendungan Jragung ini nantinya akan menjadi yang terbesar setelah Waduk Kedungombo. Sampai awal November ini, tiga paket pekerjaan telah terkontrakkan dan lulus sertifikasi keamanan bendungan,” tuturnya ketika pemaparan program di hadapan Bupati Semarang Mundjirin di Gedung Dharma Satya Kompleks Kantor Bupati Semarang di Ungaran.
Bendungan Jrugung nantinya memiliki daya tamping air 103 juta meter kubik saat normal dan 135,43 saat banjir.

“Air itu bisa menjadi sumber air baku berkapasitas sekitar 2.000 liter per detik untuk mencukupi kebutuhan di Kabupaten Demak dan Kota Semarang,” ucap dia.

Bendungan ini juga difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) berkapasitas sekitar 1.000 megawatt.