Find Us On Social Media :
Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto Bersama Gubernur Ridwan Kamil Pada Jumpa Pers Usai Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di Savoy Homann Bandung, Kamis (3/12/2020) (Sonora FM Bandung/ Indra Gunawan)

Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi Jawa Barat

Indra Gunawan - Kamis, 3 Desember 2020 | 22:20 WIB
Bandung, Sonora.ID - Dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) dikemukakan bahwa ekonomi Jawa Barat pada 2021 diperkirakan akan tumbuh positif dan lebih baik dibandingkan tahun 2020, walaupun  tahun 2020 itu perekonomian Jawa Barat diperkirakan masih tumbuh negatif pada kisaran -1,94% s.d -1,54% (yoy). 
 
Demikian hal ini dipaparkan Kepala Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto pada sambutan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Savoy Homann Bandung, Kamis (3/12/2020).
 
"Kita berharap ekonomi Jawa Barat tahun 2021 dapat tumbuh positif, tentu dengan beberapa hal penting yang perlu untuk dipastikan dilaksanakan oleh kita bersama-sama," ucap Herawanto.
 
Baca Juga: Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020: Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi
Herawanto menambahkan, banyak potensi pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan nilai positif. Dari sisi eksternal, pemulihan pertumbuhan ekonomi global dan volume perdagangan dunia juga akan memberikan dampak pada peningkatan kinerja ekspor Jawa Barat secara keseluruhan pada tahun 2021. Investasi juga secara gradual berpotensi meningkat didukung oleh membaiknya business confidence, perbaikan regulasi (Proyek Strategis Nasional dan UU Cipta Kerja), serta relokasi sejumlah perusahaan ke Indonesia yang sebagian besar memilih lokasi di Jawa Barat.
 
Sementara dari sisi domestik, peningkatan keyakinan konsumen dan penghasilan yang lebih baik akan mendorong konsumsi rumah tangga. 
Baca Juga: Pariwisata dan Kelautan Jadi Lokomotif Perekonomian di Selayar