Find Us On Social Media :
5 Gubernur Sepakat Tidak Ada Kerumunan pada Perayaan Tahun Baru 2021 (Pixabay)

5 Gubernur Sepakat Tidak Ada Kerumunan pada Perayaan Tahun Baru 2021

Indra Gunawan - Senin, 14 Desember 2020 | 19:35 WIB

Bandung, Sonora.ID - Gubernur Jawa Barat beserta Gubernur DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali sepakat tidak adanya kerumunan perayaan tahun baru di kabupaten/kota. Hal ini untuk meminimalisasi penularan Covid-19. 

“Provinsi Jabar tidak mengizinkan ada kerumuman perayaan tahun baru. Ini harus disosialisaikan ke masyarakat, pasti ada potensi keriuhan dan keramaian yang membahayakan, tertular Covid-19,” kata Kang Emil, panggilan akrab Gubernur Jawa Barat.

Menurutnya, perayaan tahun baru dari dulu identik dengan keramaian, tiup terompet, dan konser musik.

Baca Juga: Berpotensi Dongkrak Perekonomian Pangan Jawa Barat , Ridwan Kamil Harap Milenial Terlibat dalam Pertanian

Aktivitas inilah yang sangat berpotensi menularkan virus, pasalnya aktivitas luar ruangan apalagi dalam ruangan, akan sangat dilarang. 

“Penyebaran Covid-19 itu apabila  ada kerumunan. Perayaan tahun baru kan biasanya ramai, ada konser musik, dan lain-lain. Hal tersebut berlaku juga jika dilaksanakan indoor tapi tetap mengundang kerumunan. Saya kira itu akan kita larang,” katanya. 

Sebagai langkah tambahan, Komite Kebijakan Covid-19 Jabar mewacanakan mengharuskan wisatawan membawa hasil rapid antigen ketika akan memasuki beberapa lokasi wisata favorit. 

Baca Juga: Jawa Barat Provinsi Digital, Ridwan Kamil: Ekonomi Digital Tumbuh 40 Persen