Find Us On Social Media :
Ilustrasi minuman keras. (Tribunnews.com)

Soal Investasi Minuman Keras, PBNU: Lebih Banyak Mudharatnya

Kumairoh - Senin, 1 Maret 2021 | 12:35 WIB

Sonora.ID - Minuman keras yang diwacanakan akan dilegalkan untuk investasi diperkirakan akan menarik investor asing dan menambah modal asing.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal sudah sesuai dengan kearifan lokal terutama di wilayah yang mendapatkan kedatangan wisatawan mancanegara dalam jumlah besar.

"Perpres ini sudah sesuai dengan kearifan lokal, dan melibatkan tenaga kerja yang banyak juga. Seperti Sababay Winery di Bali. Itu sudah kelas dunia. Kalau ditutup, investor tidak mau datang," ujar Agus seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Polda Sulut Gagalkan Penyelundupan Ribuan Liter Miras Jenis Cap Tikus

Menurut Agus, kebijakan untuk kemudahan investasi ini secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat sekitar di daerah pariwisata serta mendorong aktivitas ekonomi yang sempat lesu akibat pandemi.

"Pemerintah mau meningkatkan pariwisata. Kalau tidak ada miras, tidak ada turis yang datang," tambahnya.

Menanggapi kabar investasi miras, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara tegas mengungkapkan alasan tidak menyetujui rencana pemerintah yang akan mengeluarkan industri minuman keras dari daftar negatif investasi. Salah satunya merugikan masyarakat.