Find Us On Social Media :
Ilustrasi rokok (kompas.com)

Wow, Ternyata Abu Rokok Bisa Bikin Tanaman Subur Loh!

Shaniya Ramadini - Minggu, 23 Mei 2021 | 09:05 WIB

Sonora.ID - Banyak sekali orang yang selalu merasa tidak nyaman karena adanya partikel partikel kotoran yaitu abu rokok.

Ampas dari rokok yang telah terbakar ini biasanya terkumpul dalam wadah yang disebut asbak, dan banyak orang yang merasa risih ketika abu rokok ini bertebaran.

Selain bentuknya yang menjijikkan, abu rokok juga dianggap begitu berbahaya bagi kesehatan manusia karena bisa merusak jaringan hati dan otak.

Akan tetapi pernah gak sih kamu berpikir jika abu rokok dapat dimanfaatkan? Karena pada kenyataannya, abu rokok mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan berbagai jenis tanaman yang ada.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Panci Gosong Kembali Kinclong

Melansir dari laman YouTube Channelnya Kang Japra, ternyata racun yang terkandung dalam abu rokok dapat digunakan sebagai pengusir hama pada tanaman.

Bukan hanya itu, abu rokok ini juga bisa membuat tanah atau media tanam menjadi lebih subur, mengusir ulat, dan juga membuat bibit lebih tahan lama.

Adanya kandungan nikotin pada abu rokok yang begitu menyengat, menjadi sebuah alasan mengapa abu rokok ini bisa memiliki manfaat yang banyak bagi tanaman.

Beberapa hama, khususnya kutu putih ternyata tidak menyukai bau menyengat yang ditimbulkan oleh abu rokok sehingga hal tersebut dapat mencegah hama muncul pada tanaman kita.

Tidak hanya nikotin, dalam abu rokok juga terdapat unsur kalium yang sangat berpengaruh pada kesuburan media tanam, seperti tanah.

Baca Juga: Berikut Ini 5 Cara Membersihkan Noda di Sepatu Berbahan Suede