Find Us On Social Media :
Ilustrasi. (Freepik.com)

Hadapi Persaingan Global, Simak Pentingnya Mengasah Potensi Diri

Indra Gunawan - Senin, 9 Agustus 2021 | 13:47 WIB

Bandung, Sonora.ID - Di masa persaingan global saat ini generasi muda harus mulai meningkatkan kompetensi skill-nya agar tidak tergilas persaingan di dunia kerja, sehingga masa depannya bisa lebih terjamin.

Ada banyak cara, program, dan juga beragam platform yang bisa meningkatkan kompetensi generasi muda. Salah satunya adalah program Kartu Prakerja yang dijalankan Pemerintah Republik Indonesia.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, Pemerintah Republik Indonesia terus berupaya meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Bulan Ini, Catat Persyaratan Berikut!

"Dengan mengikuti program Kartu Prakerja, para peserta bisa mendapatkan pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan (skilling), peningkatan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan (upskilling), atau alih kompetensi kerja (reskilling) bagi tenaga kerja di Indonesia," ucap Denni Puspa dalam siaran persnya kepada Sonora Bandung, Senin (9/8/2021).

Menurut Denni, pemerintah berharap angkatan kerja Indonesia memiliki nilai tawar yang lebih baik karena telah mendapat pembekalan berbagai kompetensi yang memang dibutuhkan pada saat ini dan masa datang.

Denni melanjutkan, program Kartu Prakerja yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, baik generasi muda yang baru mau masuk ke dunia kerja maupun mereka yang sudah bekerja tetapi terdampak pandemi Covid-19 seperti terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca Juga: Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Akan Kembali Dibuka Pada Akhir Juli 2020, Pekerja Terdampak Covid-19 Akan Jadi Prioritas