Find Us On Social Media :
Bahaya, Jika Olahraga Berlebihan ()

Olahraga Terlalu Berlebihan Membahayakan Tubuh? Begini Kata Dokter!

Narum Khoriha - Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Sonora.ID - Olahraga memang menyehatkan, tapi terlalu sering juga berbahaya. Penurunan kinerja fisik akan lebih dirasakan ketika overtraining tersebut dilakukan secara terus menerus.

Melansir dari halaman Kompas.com, menurut Rady Children's Hospital-San Diego, tubuh dapat memberikan respon negatif terhadap olahraga yang dilakukan secara berlebihan. 

Namun, perlu digaris bawahi jika kekuatan olahraga setiap orang berbeda-beda. Setiap individu memiliki porsi kemampuan masing-masing.

Bisa jadi, Anda mampu melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi selama 4 hari berturut-turut, tetapi hal tersebut belum tentu bisa dilakukan oleh orang lain.

Berlebihan saat berolahraga memberikan 3 dampak yang berbaya, seperti:

1. Dampak Hormon

Peningkatan olahraga dapat memicu stres dan mengubah sistem hormon yang telah Anda bangun sebelumnya. Kondisi stres muncul karena berubahnya kadar kortisol pada hormon yang cenderung meningkat.

Hal negatif juga terjadi pada sistem kekebalan tubuh karena dapat mengalami penurunan kadar testosteron. Lemahnya testosteron akan memicu penyakit pada tubuh manusia.

Tanda yang mungkin Anda alami adalah nyeri kepala, demam dan susah tidur pada malam hari.

Baca Juga: Multitasking adalah Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua, Hindari 4 Lainnya