Find Us On Social Media :
Pesarean di Gunung Kawi (Kompasiana.com)

Kebenaran Dibalik Rumor Masyarakat Tionghoa yang Mencari Pesugihan di Gunung Kawi

Narum Khoriha - Rabu, 10 November 2021 | 15:55 WIB

Sonora.ID – Banyak rumor yang beredar jika setiap Senin Pahing dan Jumat Legi masyarakat dari keturunan China memenuhi Gunung Kawi. Ada yang menilai dan beranggapan jika kedatangan itu dipercaya untuk mencari pesugihan.

Sebab, dulunya ada kejadian bahwa seorang kuturunan Tionghoa yang kelas menengah datang dan bersembahyang di wihara yang berada di Gunung Kawi.

Kemudian setelah melakukan sembahyang dan pulang tak lama nasib malangnya berubah total. Dikabarkan hingga saat ini, ia menjadi keluarga kaya yang ada di Indonesia.

Dari kejadian tersebutlah, banyak anggapan keberadaan masyarakat Tionghoa yang sering memenuhi Gunung Kawu hanya untuk mencari pesugihan. Namun, rumor itu berbeda dengan data yang sudah diteliti.

Menurut jurnal ilmiah yang ditulis oleh Dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bambang Hariyanto data pengunjung sepanjang tahun 2017, pengunjung yang datang ke tempat ini, umumnya adalah orang muslim yang bertujuan untuk berziarah.

Namun terdapat juga pengnjung dari agama lain atau kepercayaan lain juga ikut berziarah disini, seperti orang China.

Bagi pengunjung China, di tempat ini juga terdapat tempat ibadah orang China berupa Kelenteng yang didalamnya juga ada Siamsi atau tempat untuk memprediksi sesuatu.

Baca Juga: Kamu Perlu Ketahui, Kembang Api Warna Warni yang Menyimpan Fakta Pada Masa Lalu