Find Us On Social Media :
Irene Sukandar saat berbincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam BEGINU S2 E13: Irene Sukandar, Dewa Kipas, Menjadi Atlet, dan Pelajaran Hidup dari Catur. (BEGINU by Kompas.com)

Irene Sukandar dan Pelajaran Hidup dari Permainan Catur

Intania Ayumirza Farrahani - Selasa, 16 November 2021 | 12:50 WIB

Sonora.ID Irene Sukandar, pecatur Indonesia yang menyandang gelar Woman Grandmaster (WGM) sempat mendapat perhatian besar pada pertengahan tahun ini sebagai buntut dari kishruhnya kasus “Dewa Kipas”.

Walau sempat disorot oleh warganet akibat surat terbukanya kepada Deddy Corbuzier terkait siniarnya yang mengundang Dadang Subur (Dewa Kipas), Irene senantiasa merespons segala hal dengan tenang.

Ketenangan ini turut tercermin dalam pertarungannya dengan Dadang sebagai kelanjutan dari surat terbuka tersebut. Pertandingan itu disaksikan oleh 1,5 juta pasang mata melalui siaran langsung (live streaming).

Setelah diulik, sikap tenang ini nyatanya telah lama tertanam dalam diri Irene. Dalam wawancaranya dengan Pimpinan Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho dalam siniar BEGINU, wanita kelahiran 7 April 1992 ini mengungkap tentang alasan di balik sikapnya.

Belajar dari catur

Kendati menghadapi ramainya komentar sebagian warganet yang terkesan menyudutkan kala kasus tersebut melambung, Irene memegang keyakinan bahwa dirinya dikuatkan oleh Tuhan.

Selama merasa bahwa apa yang disuarakan adalah benar, maka ia akan berteguh untuk menghadapinya.

Irene menyadari bahwa dalam hidup, akan selalu ada badai yang menghadang di waktu-waktu tertentu. Atlet yang mengaku sangat mencintai buku ini mengutip salah satu buku karangan Paulo Coelho yang menurutnya relevan dengan kehidupan.

“Badai itu datang bukan hanya untuk mengganggu kamu, tapi itu bisa untuk clear your path atau membersihkan jalan kamu. Jadi bagaimana kita melihat suatu masalah jangan dari satu sisi, jangan negatifnya aja, tapi dari dua sisi,” ucap Irene.

Baca Juga: Percasi Kota Palembang Targetkan 3 Emas di Porprov November 2021