Find Us On Social Media :
Ilustrasi jendela (Freepik)

Tidur dengan Jendela Terbuka? Dokter: Gak Masalah Sepanjang…

Prameswari Sasmita - Jumat, 3 Desember 2021 | 19:00 WIB

Sonora.ID - Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan dengan apapun, maka tak sedikit orang yang ingin memiliki kualitas tidur yang baik sehingga tubuhnya bisa memiliki kemampuan untuk menjalani aktivitas dengan baik.

Terkait dengan tidur, banyak teori yang beredar di masyarakat bahwa tidur dengan menggunakan kipas angin dan AC terus-menerus bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan.

Di sisi lain, ada juga yang beranggapan bahwa tidur dengan angin luar atau dengan jendela terbuka juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Meluruskan hal tersebut, Dokter Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia dalam program Health Corner di Radio Sonora FM menegaskan bahwa pada dasarnya baik tidur dengan pendingin ruangan atau dengan angin luar tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan saluran pernapasan.

Meski demikian, hal tersebut berlaku dengan beberapa syarat.

“Sebenarnya membuka jendela pada malam hari itu tidak kenapa-kenapa, jadi tidak ada hubungannya antara batuk dengan membuka jendela, sepanjang tidak ada polusi,” tegas dr. Santi meluruskan teori tersebut.

Jadi, tidur dengan jendela terbuka ke arah luar rumah tidak menyebabkan batuk atau gangguan pada saluran pernapasan lainnya, selama lingkungan rumah atau kamar tersebut tidak mengandung polusi.

Baca Juga: Tidur Pakai Kipas Angin Bisa Sebabkan Flek Paru? Ini Kata Dokter