Find Us On Social Media :
Ilustrasi Depresi (Unsplash)

Bukan Hal yang Sama, Berikut Perbedaan Rasa Sedih dan Depresi

Amir Wiliam - Sabtu, 4 Desember 2021 | 13:00 WIB

Sonora.ID - Dalam kehidupan sosial seseorang rasanya tidak mungkin jika tidak pernah mengalami perasaan sedih, entah karena ekspektasi atau sekedar hal-hal yang orang lain anggap kecil namun memiliki makna bagi kita.

Rasa sedih yang dialami oleh seseorang sering kali disalahartikan sebagai sebuah depresi. Padahal kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang berbeda.

Kesedihan itu sendiri adalah sebuah perasaan emosional yang muncul dari reaksi seseorang yang mengalami stres berlebihan dan akan mulai berangsur hilang ketika stres mulai mereda.

Berbeda dengan depresi yang sudah masuk ke dalam gangguan kesehatan mental yang diriingi oleh kesedihan jangka panjang.

Depresi ini sendiri dapat berdampak bagi kehidupan seseorang baik itu secara emosional maupun secara fisik.

Depresi perlu diobati apabila sudah berlangsung dalam jangka panjang dengan pengobatan yang tepat. Oleh karena itu kita perlu memahami secara betul perbedaan rasa sedih dan juga depresi.

Kesedihan

Kesedihan adalah sebuah emosi negatif yang normal dirasakan oleh manusia. Perasaan sedih bisa muncul dari beberapa hal yang memberikan stimulus pada keadaan emosional, seperti kehilangan sosok yang dicintai, mengalami masalah dengan sahabat dan masih banyak lainnya.

Seseorang yang mengalami kesedihan biasanya akan menemukan cara untuk melepaskan emosi negatifnya entah dengan menangis, makan makanan manis, mengeluh dan masih banyak lainnya.

Perlu diingat bahwa kesedihan akan berlalu seiring berjalannya waktu namun apabila terjadi dalam kurun waktu yang lama itu bisa menjadi tanda depresi

Baca Juga: 5 Fakta Depresi yang Jarang Kamu Dengar: Ini Satu Cara Mudah Mengurangi Gejalanya!