Find Us On Social Media :
Untuk menjalin rumah tangga yang ideal, kita harus mempersiapkan beberapa hal. (Pixabay/StockSnap)

Ini Dia Hal yang Akan Berubah pada Kehidupan setelah Pernikahan

Alifia Putri Yudanti - Rabu, 14 September 2022 | 15:40 WIB

Sonora.ID - Kehidupan pernikahan membuat kita harus mengubah beberapa hal. Misalnya, dari yang awalnya melakukan segalanya sendiri, kini harus meminta persetujuan terlebih dahulu dengan pasangan.

Itu sebabnya, diperlukan persiapan yang matang untuk memulai kehidupan rumah tangga karena hidup ‘saya’ telah berubah menjadi ‘kita’. 

Hal ini juga diungkapkan oleh dr. Dharmawan A. Purnama, PhD. Psychiatrist, Psikiater dan Founder Smart Mind Center Consulting, dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Life after Me: We”.

“Bahwa kamu bukan lagi seorang diri, melainkan kamu sudah jadi suami atau istri seseorang,” tegasnya.

Adanya Tambahan Role

Ia juga menambahkan kalau sudah menikah, tanggung jawab yang diemban pun akan terus bertambah. Setelah menjadi suami-istri, ada pula masa menjadi ayah dan ibu untuk anak-anak.

Agar tetap berjalan dengan baik, kita harus siap terhadap segala perubahan peran itu. Bahkan, penting juga tahu cara menyeimbangkan dan membedakan peran-peran itu.

Baca Juga: Mari Belajar Mengambil Keputusan dari Pak Sising Sang Singa!

“Bagaimana kita menyelaraskan, bagaimana kita bersama-sama dengan pasangan kita menjadi bekerja sama dan membawa arah tujuan secara bersama. Gak bisa sendiri-sendiri lagi, saya mau ini, itu,” pungkas dr. Dharmawan.