Find Us On Social Media :
Peresmian Gedung Kantor Bank Kalbar Cabang Jakarta secara hibrid, yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, serta Komisaris Utama Bank Kalbar, Irjen. Pol (P) Drs. H. Didi Haryono. (Adpim Kalbar)

Gubernur Sutarmidji Harap Bank Kalbar Dipersiapkan Menjadi Bank Devisa

Indri Rizkita - Rabu, 16 November 2022 | 12:10 WIB

Pontianak, Sonora.ID – Penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, menjadi simbol diresmikannya Gedung Kantor Bank Kalbar Cabang Jakarta, Selasa (15/11).

Peresmian yang diselenggarakan secara hibrid ini dilakukan di Data Analytic Room Kantor
Gubernur Kalimantan Barat dan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, serta Komisaris Utama Bank Kalbar, Irjen. Pol (P) Drs. H. Didi Haryono.

Dalam sambutannya, Gubernur Sutarmidji menyebut, Non Performing Loan (NPL) yang terus menurun, semakin bertambahnya modal, serta dana masyarakat yang dihimpun, merupakan beberapa indikator yang menunjukkan perkembangan Bank Kalbar sangat bagus beberapa tahun terakhir.

"Peran Bank Kalbar dalam peredaran keuangan di Kalbar juga semakin baik dan bisa menopang perekonomian Kalbar," ungkapnya.

Sutarmidji menjelaskan, perekonomian Kalimantan Barat pada Triwulan III Tahun 2022 sudah mencapai 6,48%. Angka ini berada di atas rata-rata angka nasional. Kondisi ekonomi seperti ini membawa Kalimantan Barat menduduki peringkat II selama 3 tahun berturut-turut di Regional Kalimantan setelah Kalimantan Timur.

Baca Juga: 8 TPAKD Kabupaten/Kota di Kalbar Resmi Dikukuhkan

"Saya yakin Kalbar akan semakin maju. Selain hasil tambang, seperti bauksit dan lain-lain, CPO merupakan core business di Kalbar. Kita merupakan penghasil hampir 6 juta ton CPO per tahun. Kemudian, sektor perekonomian lainnya juga semakin berkembang, sehingga akses perbankan akan semakin dibutuhkan di manapun,” tuturnya.

Berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, Sutarmidji setuju lokasi Kantor Cabang Bank Kalbar di Jakarta harus strategis dan lebih representatif untuk memberikan berbagai pelayanan perbankan.

Bank Kalbar juga diharapkan semakin tumbuh dan sudah dipersiapkan untuk menjadi Bank Devisa, sehingga, cakupan layanan Bank Pembangunan Daerah Kalbar semakin luas dengan ditopang Sumber Daya Manusia (SDM) dan penggunaan IT yang semakin baik.

"Selaku Gubernur dan mewakili para pemegang saham, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersama Pemerintah Kabupaten/Kota akan terus memacu pertumbuhan, kemampuan dan kebaikan daya saing, serta berbagai kemudahan dalam pelayanan untuk Bank Kalbar," ucapnya.

Sebagai informasi, adapun lokasi gedung baru Bank Kalbar Cabang Jakarta berada di Ruko
Gedung Gajah, Tebet, Jakarta Selatan.