Find Us On Social Media :
Ilustrasi contoh mukadimah pidato. (Freepik)

10 Contoh Mukadimah Pidato yang Mudah Dihapal untuk Berbagai Acara

Selando Naendra Radicka - Selasa, 22 November 2022 | 12:30 WIB

Sonora.ID - Digunakan sebagai pembukaan dalam pidato, berikut adalah paparan soal beberapa contoh mukadimah pidato yang mudah dihapal untuk berbagai acara.

Dalam pidato atau ceramah di pelbagai acara, kita sering mendengar pembukaan atau mukadimah yang biasa diucapkan sebagai pembuka pidato, terutama bila penceramah atau orang yang berpidato tersebut beragama Islam.

Dalam pidato, mukadimah acapkali berisi ungkapan rasa syukur sekaligus harapan baik kepada Allah SWT agar hadirin yang hadir di acara tersebut selalu berada dalam perlindungan dan naungan berkahNya.

Adapun dalam pengertian yang umum di Kamus Besar Bahasa Indonesia, mukadimah diartikan sebagai pendahuluan atau kata pengantar yang letaknya berada di bagian pembukaan tulisan.

Lewat pengertian tersebut, dapat kita pahami bahwa mukadimak berfungsi sebagai pembuka atau pengantar sebelum penceramah atau orang yang berpidato mulai menjelaskan pesan utama yang hendak disampaikan.

Untuk tahu lebih jauh soal mukadimah pidato, berikut Sonora sajikan beberapa contohnya yang dapat digunakan untuk pelbagai acara.

Contoh Mukadimah Pidato

  1. Contoh Mukadimah Pidato 1

Baca Juga: 5 Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Ilmu Beserta Strukturnya, Lengkap!

 الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi washsholatu wassalaamu 'alaa rasulillah wa'alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah. Amma ba'du.