Find Us On Social Media :
Contoh procedure text tentang makanan. (Freepik)

7 Contoh Procedure Text tentang Makanan Disertai Terjemahannya

Arista Estiningtyas - Diperbaharui Selasa, 27 Februari 2024 | 17:58 WIB

Sonora.ID - Procedure Text merupakan salah satu jenis teks yang sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, ketika kita ingin memasak mi instan, bagian belakang bungkus mi tersebut biasanya berisikan instruksi cara memasak mi.

Dalam buku Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris dijelaskan bahwa procedure text adalah sebuah teks yang berfungsi untuk menginformasikan kepada pembaca mengenai langkah-langkah atau tahapan dalam melakukan atau membuat sesuatu.

Dengan kata lain teks ini memberikan petunjuk cara-cara melakukan tau membuat sesuatu dengan menempuh urutan yang benar.

Sebuah teks prosedur pun memiliki unsur atau struktur yang membangunnya, yakni aim/goal (tujuan), ingredients atau materials (bahan) atau equipments (alat), step (langkah-langkah).

Akan tetapi, dalam buku Modul Bahasa Inggris Kelas IX dijelaskan pula bahwa tidak semua procedure text wajib mencantumkan bahan, misalnya procedure text tentang menggunakan komputer atau how to use the computer.

Untuk memahaminya dengan lebih baik berikut ini pun beberapa contoh procedure text tentang makanan sesuai struktur lengkap dengan terjemahannya.

Baca Juga: 5 Contoh Procedure Text tentang Minuman Lengkap dengan Artinya

Contoh Procedure Text tentang Makanan

Contoh 1

How to Make Chicken Curry

Ingredients: 

Methods

Terjemahan:

Bahan-Bahan:

Langkah-Langkah:

Contoh 2

How To Make Chicken Soup

Ingredients:

Spices