15 Contoh Report Text Singkat Tentang Hewan Lengkap dengan Artinya

Diperbaharui 15 Mei 2023 19:38 WIB
Contoh report text singkat tentang hewan.
Contoh report text singkat tentang hewan. ( Freepik)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Top One Ulangan Harian SMA/MA IPA Kelas XI, report text is a text which present informastion about something, as it is. It is as a result of systematic observation and analysis.

Artinya, report text merupakan sebuah teks yang mengandung informasi mengenai suatu hal secara apa adanya. Teks ini ditulis berdasarkan hasil dari observasi dan analisis secara sistematis.

Oleh sebab itu, sebuah report text biasanya berisi fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

Report text ini pun ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan informasi mengenai hasil pengamatan serta analisa yang sistematis.

Selain itu, sebuah report text juga biasanya terdiri dari dua bagian struktur umum atau generic structure yang membangunnya di antaranya adalah sebagai berikut.

  • General Classification: pernyataan umum yang menjelaskan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.
  • Description: Berisi penjabaran mengenai pernyataan umum tersebut, misalnya memberikan gambaran fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya; sifat-sifatnya; kebiasaan atau tingkah lakunya.

Biasanya sebuah report text ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan informasi hasil pengamatan dan analisa yang sistematis.

Berbagai hal pun bisa dijelaskan dalam report text, misalnya, binatang, planet, tumbuh-tumbuhan, budaya, transportasi, dan lainnya.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh report text tentang hewan sebagai bahan referensi, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Contoh Report Text tentang Kucing beserta Struktur dan Artinya

Contoh Report Text Singkat Tentang Hewan

Contoh 1

Rabbit

Rabbit are four-legged herbivorous mammals with long ears, a divided upper lip and two powerful back legs which make them a good hopper. At first, they were called coneys. The name “Rabbit” was first used to address the young coneys until the 18th century when the word “Rabbit” became more popular in the society. The new born rabbits are naked and blind, this helpless condition is the reason why rabbits live in a secure dens underground. Rabbits can only be found in several parts of the world, and of all that are divided into eight different genera, they are: Genus Pentalagus, Genus Bunolagus, Genus Nesolagus, Genus Romerolagus, Genus Brachylagus, Genus Sylvilagus, Genus Oryctolagus and Genus Poelagus.

All rabbits has a typical short tail. Their average body size are 20 to 50 cm long and the average weight around half to 2 kg. It is recorded that adult rabbit has 3 years lifespan in their natural habitat, but it is also believed that they can live longer if they are under human care. Just like human, they sleep for about 8 hours in their underground burrows. They have a wide variety of color, start from white, brown, black and grey, but most of them have a combination of some colors. Rabbits communicate to each other by performing various body position and also by making a few sounds.

Artinya:

Kelinci adalah mamalia pemakan tanaman berkaki empat dengan telinga yang panjang, bibir atas yang terbelah dua serta dua kaki belakang yang sangat kuat yang membuat mereka menjadi pelompat yang baik. Pada awalnya, mereka dijuluki coneys. Sebutan “Rabbit” pertama kali digunakan untuk menunjuk pada kelinci yang masih muda hingga abad ke 18 ketika kata “Rabbit” menjadi lebih populer di masyarakat. Kelinci yang baru lahir kondisinya tidak berbulu dan buta, keadaan yang tak berdaya ini adalah alasan mengapa kelinci tinggal di dalam gua yang aman di bawah tanah. Kelinci hanya bisa ditemukan di beberapa bagian dunia ini, dan kesemuanya itu dibagi kedalam delapan genus, genus tersebut adalah: Genus Pentalagus, Genus Bunolagus, Genus Nesolagus, Genus Romerolagus, Genus Brachylagus, Genus Sylvilagus, Genus Oryctolagus dan Genus Poelagus.

Semua kelinci memiliki ekor pendek yang khas. Rata rata ukuran tubuh mereka adalah 20 hingga 50 cm dan rata rata berat tubuh nya sekitar setengah hingga 2 kg. Telah tercatat bahwa kelinci dewasa memiliki masa hidup 3 tahun di lingkungan alami mereka, tapi diyakini juga bahwa mereka bisa hidup lebih lama jika mereka berada dalam perawatan manusia. Sama seperti manusia, mereka tidur selama sekitar 8 jam di dalam liang bawah tanah mereka. Mereka memiliki macam warna yang sangat banyak, mulai dari warna putih, coklat, hitam dan abu abu, tapi sebagian besar dari mereka memiliki kombinasi beberapa warna. Kelinci kelinci saling berkomunikasi dengan yang lainnya dengan memperagakan berbagai posisi tubuh dan juga dengan membuat beberapa suara.

Contoh 2

Cheetah

The cheetah is a large cat native to Africa and central Iran. It is the fastest land animal, estimated to be capable of running at 80 to 128 km/h. Cheetah can run fast because of its long thin legs and a long tail.

Cheetah body length is typically reaches 67–94 cm. Adults weigh between 21 and 72 kg (46 and 159 lb). Its head is small and rounded, and has a short snout and black tear-like facial streaks.

The coat is typically tawny to creamy white or pale buff and is mostly covered with evenly spaced, solid black spots. Four subspecies are recognised.

The cheetah lives in three main social groups: females and their cubs, male groups, and solitary males. While females lead a nomadic life searching for prey in large home ranges, males are more sedentary and instead establish much smaller territories in areas with plentiful prey and access to females. The cheetah is active during the day, with peaks during dawn and dusk.

Artinya:

Cheetah adalah kucing besar asli Afrika dan Iran tengah. Hewan ini adalah hewan darat tercepat, diperkirakan mampu berlari dengan kecepatan 80 hingga 128 km/jam. Cheetah bisa berlari cepat karena kakinya yang kurus panjang dan ekornya yang panjang.

Panjang tubuh Cheetah biasanya mencapai 67–94 cm. Orang dewasa memiliki berat antara 21 dan 72 kg (46 dan 159 lb). Kepalanya kecil dan bulat, dan memiliki moncong pendek dan garis-garis hitam seperti air mata.

Bulunya biasanya berwarna kuning kecokelatan hingga putih krem atau pucat dan sebagian besar ditutupi dengan bintik-bintik hitam padat yang berjarak sama. Ada Empat subspesies diakui.

Cheetah hidup dalam tiga kelompok sosial utama: betina dan anaknya, jantan berkelompok, dan jantan penyendiri. Cheetah betina menjalani kehidupan berpindah-pindah mencari mangsa di wilayah jelajah yang luas, sedangkan pejantan lebih suka menetap menetap dan membangun wilayah yang jauh lebih kecil di daerah dengan mangsa berlimpah. Cheetah aktif di siang hari, dengan puncaknya saat fajar dan senja.

Contoh 3

Bird

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm