Find Us On Social Media :
Teori Perilaku Konsumen: Pengertian dan Faktor yang Memengaruhi. (Pixabay/Pexels)

Teori Perilaku Konsumen: Pengertian dan Faktor yang Memengaruhi

Nisa Hayyu Rahmia - Senin, 29 Mei 2023 | 15:15 WIB

Sonora.ID - Teori perilaku konsumen menjadi sesuatu yang harus dipelajari, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis.

Perilaku konsumen berguna dalam menganalisis bagaimana konsumen mengambil keputusan sebelum membeli suatu produk saat berbelanja.

Oleh karenanya, bagi para pemasar, penting untuk memperhatikan perilaku konsumen agar memungkinkan mereka untuk merancang strategi yang lebih cocok dengan preferensi konsumen.

Baca Juga: 4 Peran Rumah Tangga Konsumen sebagai Pelaku dalam Kegiatan Ekonomi

Pengertian Teori Perilaku Konsumen

Teori perilaku konsumen adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk memahami dan menganalisis mengapa individu atau kelompok tertentu mengambil keputusan dalam membeli atau menggunakan produk atau layanan tertentu.

Dalam teori ini, akan dipelajari bagaimana konsumen mencari, memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi suatu produk atau jasa yang ia beli dapat memenuhi kebutuhannya.

Dilansir dari Kompas.com, selain menjelaskan sikap konsumen, teori perilaku konsumen juga digunakan untuk mendapatkan kurva permintaan dalam konteks ekonomi.

Penerapan teori ini membantu perusahaan dalam memprediksi kapan konsumen akan melakukan pembelian.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengidentifikasi tindakan yang diperlukan untuk memengaruhi pemikiran dan sikap konsumen.