Pemkot Makassar Meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK

12 Juni 2020 08:00 WIB
Pemerintah Kota Makassar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
Pemerintah Kota Makassar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ( )

Makassar, Sonora.ID - Pemerintah Kota Makassar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penghargaan diberikan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019.

Penyerahan diumumkan langsung kepala perwakilan BPK Sulawesi Selatan Wahyu Priyono melalui Konferensi Virtual.

Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Jusuf menyampaikan apresiasi atas kerja keras para pengelola keuangan di jajarannya. Capaian ini menjadi bukti opini WTP berhasil diraih lima tahun berturut-turut sejak tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Jadi Klaster Baru, Luwu Timur Sumbang Ratusan Kasus Positif Covid-19 di Sulsel

Yusran mengatakan seluruh saran dan masukan dari tim pemeriksa BPK sangat berarti dalam peningkatan kinerja pemerintah dan akan menjadi motivasi pengelolaan keuangan daerah.

Olehnya, dia berkomitmen akan menjadikan seluruh rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan oleh Tim BPK akan ditindaklanjuti secara maksimal dan berkelanjutan.

“Kami mohon kiranya dalam perjalanan APBD ke depan, BPK Perwakilan Sulsel senantiasa membuka ruang diskusi dan komunikasi dengan pemerintah daerah sebagai langkah penyempurnaan dan mengantisipasi hal-hal yang dipandang tidak sesuai denganbperaturan perundang-undangan,” ucapnya saat didaulat menyampaikan sambutan mewakili lima kabupaten lainnya.

Baca Juga: Warga Kota Makassar Terus Keluhkan Lonjakan Tagihan Air Bersih PDAM

Sementara, Kepala Perwakilan BPK Sulsel, Wahyu Priyono menekankan dalam rangka pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah, salah satu hal yang sangat penting yaitu kewajiban kepala daerah menyusun dan menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD yang dilampiri laporan keuangan.

Dilain pihak, Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo melayangkan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Kota setempat yang meraih WTP yang kelima atas laporan penyelenggaraan keuangan daerah tahun 2019.

Politisi Nasdem ini menyebut penghargaan tersebut menjadi bukti pengelolaan keuangan daerah di Makassa sudah luar biasa dalam pandangan BPK.

“Ini adalah capaian luar biasa dari pemerintah kota Makassar karena berhasil mempertahankan penghargaan WTP ini sejak tahu 2015. Karena menpertahankan itu adalah hal yang sulit, tapi alhamdulillah kita mampu,” ucapnya, sesaat usai Vidcom bersama BPK RI Provinsi Sulsel dan 5 kepala daerah dan ketua DPRD kabupaten lain di Sulsel, Kamis (11/6).

Rudi berharap capaian ini bisa dipertahankan di tahun yang akan datang. Sehingganpengelolaan keuangan dan aset kota Makassar tidak ada lagi yang bermasalah.

DPRD akan terus memberi pengawasan dan evaluasi jalannya pengelolaan keuangan yang semakin baik lagi kedepan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm