Nurdin Abdullah Sebut Alih Fungsi Lahan Jadi Penyebab Tanah Longsor di Palopo

28 Juni 2020 18:55 WIB
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ( SmartFM Makassar)

Makassar, Sonora.ID - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyebut, dugaan sementra penyebab longsor di Kota Palopo, Jumat (26/6) lalu adalah karena alih fungsi lahan yang diperparah tingginya curah hujan.

Nurdin mengaku, dugaan tersebut berdasarkan hasil peninjauan sebelum terjadinya bencana.

Bahkan, saat berkunjung itu, dirinya telah mengingatkan masyarakat agar tidak bermukin di area tersebut.

"Sebenarnya kami sudah tinjau beberapa minggu lalu. Kita sudah lihat dan memang pada saat itu kita sudah sampaikan ke masyarakat untuk tidak lagi bermukim disana. Mungkin salah satu penyebab, dugaan sementara, ada alih fungsi lahan di atas, ditambah curah hujan yang tinggi," kata Nurdin Abdullah saat dikonfirmasi SmartFm Makassar.

Menurut Nurdin Abdullah, jalan yang mengalami kerusakan berstatus jalan nasional, sehingga menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Namun, akses tidak akan terganggu karena pemerintah provinsi sudah membuka jalur baru yakni Rantepao - Bua.

Baca Juga: Tanah Longsor Akibatkan Jalan Poros Palopo - Toraja Terputus Total

"Untungnya, kita sudah buka jalur baru Rantepao - Bua, itu jauh lebih dekat, medannya juga tidak terlalu ekstrim," ungkapnya.

Nurdin mengatakan, laporan yang diterimanya dari Wali Kota Palopo Judas Amir, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Lebih jauh, Ia berharap, Balai Jalan Nasional segera mengambil langkah strategis membenahi kerusakan yang timbul.

"Tentu BPBD dan UPT Dinas PU juga akan segera turun kesana," pungkasnya.

Sementara, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ni’mal Lahamang menuturkan, hingga kini BPBD Kota Palopo beresama Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung bergerak ke lokasi usai kejadian untuk memantau dan mengevakuasi barang-barang warga. Petugas mengajak warga mengungsi, mengingat ada potensi longsor susulan.

Saat ini, kata Ni'mal, dibutuhkan personel untuk membantu penanganan bencana, serta anggaran yang akan digunakan merehabilitasi infrastuktur yang telah rusak seperti rumah warga dan akses jalan yang ikut hanyut terbawa longsor. 

Baca Juga: Tembus Jalan Berlumpur, Wagub Sulsel Tinjau Longsor di Jeneponto

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm