Peduli Lingkungan, Fordas Sumsel Luncurkan Aplikasi SUMBANGSI

6 Agustus 2020 06:00 WIB
Komunitas Laskar Muda Fordas (Forum Daerah Aliran Sungai) Sumatera Selatan meluncurkan aplikasi yang bernama SUMBANGSI (Sumsel Palembang Sehat Indah Hijau).
Komunitas Laskar Muda Fordas (Forum Daerah Aliran Sungai) Sumatera Selatan meluncurkan aplikasi yang bernama SUMBANGSI (Sumsel Palembang Sehat Indah Hijau). ( )

Palembang, Sonora.ID - Guna meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan di Kota Palembang, sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas Laskar Muda Fordas (Forum Daerah Aliran Sungai) Sumatera Selatan meluncurkan aplikasi yang bernama SUMBANGSI (Sumsel Palembang Sehat Indah Hijau).

Ketua Laskar Muda Fordas Sumsel, Muhammad Diki Wahyu Arisandi menjelaskan, latar belakang dibuatnya aplikasi ini dikarenakan pihaknya ingin membantu kinerja Pemerintah setempat dalam menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan.

“Sebelumnya kami diminta Pemkot Palembang untuk membantu kinerjanya dalam menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan rapi. Jadi aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan masyarakat sekitar dalam melaporkan kejadian-kejadian kerusakan lingkungan seperti banjir, pohon tumbang, tumpukan sampah dan lain-lain,” katanya kepada Tim Smart Fm Palembang, Kamis (30/07) lalu.

Baca Juga: Salurkan CSR, Kawan Lama Foundation Bantu Penanganan Covid-19 di Palembang

Ia menambahkan, dalam laporannya masyarakat tinggal mengabadikan foto kejadian kerusakan lingkungan tersebut lalu menguploadnya di aplikasi SUMBANGSI.

“Setelah menerima laporan dari masyarakat, tim kami akan segera menindaklanjuti kejadian tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, aplikasi ini pada sebenarnya masih dalam tahap pengembangan sebelum dapat dioperasikan secara maksimal.

Baca Juga: Tarech Rasyid Jadi Rektor Universitas IBA Palembang, Ketua Ikatan Alumni: Orangnya Luar Biasa dan Berkomitmen

“Kami harap dengan adanya aplikasi ini, masyarakat juga dapat berpartisipasi mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu kebersihan dan ketertiban lingkungan sekitar,” katanya.

Fordas Sumsel sendiri merupakan komunitas yang terbentuk sejak tahun 2015 ini, berisi pihak-pihak yang memang sangat konsen terhadap pelestarian lingkungan khususnya lingkungan sungai, diantaranya oihak akademisi, aktivis lingkungan dan lain-lain.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.