Kritik Kebijakan Belajar Online, Siswa: Google Lebih Pintar dari Guru

10 Agustus 2020 09:20 WIB
viral pernyataan seorang siswa yang mengkritik kebijakan belajar jarak jauh.
viral pernyataan seorang siswa yang mengkritik kebijakan belajar jarak jauh. ( kolase)

Sonora.ID - Hingga saat ini kebijakan belajar jarak jauh atau daring (online) masih diberlakukan di beberapa titik daerah. Kebijakan tersebut pun menuai pro kontra masyarakat.

Banyak orang tua yang setuju dengan kebijakan itu lantaran tidak ingin sang anak terinfeksi virus corona (Covid-19) di sekolah. Namun tak sedikit pula orang tua yang mengeluhkan kebijakan tersebut karena persoalan internet.

Sementara itu, baru-baru ini viral di media sosial seorang siswa yang belum diketahui namanya itu terekam kamera mengkritik kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dalam vidoe yang beredar itu, siswa tersebut terlihat berbicara di dalam suatu ruangan yang berisi sejumlah orang.

Baca Juga: Viral, Duda Asal Bali Ini Nikahi 2 Kekasihnya Sekaligus! Pasangannya Sepakat Dimadu

"Belajar daring itu kurang efektif dibanding sekolah, betul teman-teman? Jadi saya benar-benar mewakili sepertinya. Karena di sini mungkin ada yang habis absen tidur lagi ada? Ada," katanya.
Menurut siswa tersebut, PJJ tidak akan efektif tanpa kehadiran seorang guru.

"Karena seperti itu, bu. Kita kurang efektif tidak seperti di sekolah. Di sekolah kita dipantau langsung sama guru. Guru itu kan digugu dan ditiru. Dan ada wacana saya lihat di berita, saya gak tahu ini benar apa enggak, bahwa PJJ ini akan dilaksanakan dengan permanen. Sedangkan kalau kita belajar cuma mau pintar, Google juga lebih pintar daripada sekolah, benar menurut saya," katanya.
Menurut siswa tersebut, tidak perlu sekolah jika hanya ingin pintar. Sebab semua pengetahuan kini gampang diakses melalui internet.

Kendati demikian, seorang guru memiliki kelebuihan tersendiri.

"Iya, semua ada di Google. Kalau guru sejarah, ya sejarah saja. Ditanya matematika, ya tanya guru matematika. Begitu. Tapi kalau Google tahu semua dia. Itu menurut saya," katanya.
"Jadi kelebihan guru itu memiliki perasaan terhadap siswa. Mereka mendidik, mereka mengajar, mereka membentuk karakter kita siswa-siswa Indonesia," sambungnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Setuju ga guys? Follow @insta.nyinyir . Anak siapa nih? . Video : cora_tiktok . #kangensekolah

Sebuah kiriman dibagikan oleh INSTAGRAM JULID (@insta_julid) pada

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.