Tiga Pilar Penting Terwujudnya Service Excellence di Perusahaan, Apa Saja ?

3 September 2020 19:10 WIB
Tiga Pilar Penting Terwujudnya Service Excellence di Perusahaan, Apa Saja ?
Tiga Pilar Penting Terwujudnya Service Excellence di Perusahaan, Apa Saja ? ( )

Palembang, Sonora.ID - Suksesnya sebuah bisnis salah satunya dapat dilihat dari banyaknya pendapatan yang diperoleh berkat hasil dari penjualan kepada customer. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pelayanan prima (service excellence) yang dilakukan tim dari perusahaan.

Lantas, bagaimana cara memastikan kualitas produk atau layanan yang diberikan akan membuat pelanggan puas, dan bahkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan ?

Oleh karena itu perusahaan harus memberikan service excellence, dengan melakukan segala tindakan yang diperlukan atau melebihi harapan pelanggan, agar pelanggan puas dan datang kembali untuk memberi produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: Puncak Kemarau, BMKG Imbau Warga Sumsel Waspadai Kondisi Kering

Motivator dan Ice Breaker, Ferdi Kawi membagi tiga pilar yang mempengaruhi suksesnya perusahaan dalam memberikan pelayanan prima (service excellence) kepada customer yang terbagi menjadi 3P yakni Produk, Proses dan People. Berikut penjelasannya :

  1. Produk

Hal pertama yang harus dimiliki perusahaan sudah pasti Produk. Maka dari itu, perusahaan harus benar-benar memastikan bahwa produk yang mereka jual haruslah berkualitas dan memiliki standard yang baik guna menunjang tercapainya service excellence.

  1. Proses

Pilar selanjutnya adalah Proses. Tidak penting sebaik apa kualitas produk yang anda jual, apabila proses atau pelayanan yang diberikan kepada customer tidak sesuai harapan bahkan mengecewakan, maka service excellence dari perusahaan tidak berjalan baik.

Baca Juga: Penduduk Sumsel, Siap-siap Terima Kedatangan Petugas Sensus ke Rumah

  1. People

Diantara ketiga pilar yang mempengaruhi suksesnya perusahaan dalam memberikan pelayanan prima (service excellence) kepada customer, People atau sumber daya manusia merupakan merupakan pilar utama yang akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan.

Berdasarkan penelitian, penyebab mayoritas pelanggan meninggalkan bisnis kita adalah karena sikap petugas yang kurang peduli saat berinteraksi dengan pelanggan.

Untuk itulah perusahaan perlu menanamkan pentingnya service excellence kepada seluruh karyawannya, agar pelanggan senantiasa puas, kepuasan pelanggan senantiasa terjaga, dan pelanggan akan loyal kepada produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Ferdi menjelaskan, ketiga pilar ini tentunya harus saling berkesinambungan, dikarenakan service excellence dari perusahaan tidak akan terwujud apabila satu dari ketiga pilar ini tidak ada.

Baca Juga: Pemkot Palembang Segera Tingkatkan Kebersihan dan Normalisasi Sungai

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm