Plt Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah
Plt Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah ( Smart Banjarmasin/Jumahudin)

Ibnu Sina Tak Sempat Melantik, Hermansyah Beberkan Pemenang Lelang Jabatan

26 September 2020 10:05 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Cutinya Ibnu Sina dari jabatannya sebagai Wali Kota Banjarmasin untuk sementara waktu, tentunya menyisakan sejumlah PR besar.

Salah satunya adalah mengenai prosesi pelantikan pemenang seleksi lelang jabatan di lima Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Kota Banjarmasin.

Bukan tak ingin melantik sebelum Ia cuti sementara waktu untuk menjalani tahapan Pilkada, hal ini disebabkan karena izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian untuk itu belum juga keluar.

Baca Juga: Ibnu Sina Pamit, Hermansyah Pimpin Banjarmasin 71 Hari ke Depan

"Nampaknya terjadi seluruh Indonesia karena Pilkada ini. Jadi nanti yang akan melantik Pak Wakil selaku Plt Wali Kota nantinya," terang Ibnu kepada SMART FM Banjarmasin, Jumat (25/09) malam.

Menurut Ibnu, seandainya tidak berbarengan dengan momentum Pilkada, dirinya bisa saja langsung melantik kelima pejabat yang terpilih itu.

Namun karena adanya kontestasi 5 lima tahunan ini, maka pihaknya pun harus menunggu rekomendasi Mendagri terlebih dahulu. Nyatanya hingga jadwal dirinya cuti, rekomendasi tak kunjung Ia dapatkan.

"Kondisi ini tidak akan merubah keputusan. Intinya jika rekomendasi itu sudah diterima segera saja dilantik," tandasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Banjarmasin Hermansyah menyebut nama-nama pejabat teras yang bakal mengisi jabatan itu telah dikantonginya.

Baca Juga: Dapat Nomor Urut 2, Jadi Keberkahan Untuk Paslon Baiman 2 Periode

Saat ini dirinya juga tinggal menunggu surat rekomendasi dari Mendagri untuk melantik kelima pejabat tersebut.

“Seluruh Indonesia memang yang mengusulkan itu ditunda,” ujarnya.

Herman membeberkan, lima pejabat pemenang lelang itu yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bakal diisi oleh Ichrom Muftezar, yang merupakan pejabat termuda, di antara lainnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar akan diisi Ahmad Muzaiyyin, Camat Banjarmasin Timur yang sebelumnya juga pernah menjadi bagian dari aparat penegak Perda tersebut.

Baca Juga: Peduli Kaum Difabel, Ibnu Sina Antarkan Banjarmasin Tuai Penghargaan

Lalu, ada nama Windiasti Kartika yang bakal menduduki posisi Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja bakal diisi Syauqi.

Terakhir, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan diisi Muhammad Makhmud.

“Tinggal menunggu izin dari Mendagri saja lagi sebenarnya untuk dilantik,” kata Hermansyah.

Sekadar diketahui, sebelumnya Pemko Banjarmasin menggelar lelang jabatan di 5 posisi Kepala SKPD yang hingga kini masih lowong.

Dari 38 orang yang mendaftar, tersaring sampai pada tiga nama nominasi terbaik di lima jabatan yang lowong itu. Mereka pun sebenarnya dijadwalkan sudah harus dilantik oleh Ibnu Sina.

Baca Juga: Jatah Pemasangan APK Masa Kampanye Diminta Adil Bagi Seluruh Paslon

Video Pilihan
PenulisJumahudin
KOMENTAR
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm