Sambut Hari Bahari Nasional, Rektor ITS Luncurkan i-BOAT, Kapal Tanpa Awak

1 Oktober 2020 13:00 WIB
Rektor ITS (memegang HP) saat soft launching  i-BOAT di Bangkalan, Madura, Selasa (29/09/2020).
Rektor ITS (memegang HP) saat soft launching  i-BOAT di Bangkalan, Madura, Selasa (29/09/2020). ( )

Surabaya, Sonora.ID – Memperingati Lustrum XII ITS dan menyambut Hari Bahari Nasional, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan kapal pintar tanpa awak bernama intelligent Boat (i-BOAT) dalam soft launching yang bertempat di PT Galangan Kapal Madura (Gapura), Bangkalan, Madura, Selasa (29/09/2020).

Kapal autonomous yang dapat dijalankan dengan kombinasi teknologi berbasis artificial intelligence dan internet of things ini diluncurkan oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, dengan disaksikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ir Budi Karya Sumadi secara virtual. Produk inovasi ini menambah jajaran karya inovasi ITS sebelumnya seperti robot RAISA dan intelligent Car (i-Car).

Dalam sambutannya lewat teleconference, Menhub mengungkapkan sangat bangga akan hadirnya inovasi kapal canggih ITS ini, terlebih proyek ini bekerja sama dengan alumni dan industriawan yang ada di Jawa Timur. Ia mengatakan, nantinya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuat lembaga untuk mengembangkan riset ini, sehingga ITS tidak perlu susah untuk melakukan riset di tempat yang lain.

Menurut Budi, perilisan i-BOAT ini merupakan suatu usaha inovasi di bidang kelautan, khususnya perkapalan.

Baca Juga: RAISA ITS Siap Bantu Rawat Pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet

"Harapannya nanti saat 10 November i-BOAT-nya sudah bisa beroperasi secara masif, sehingga yang awalnya diharapkan baru dua tahun lagi bisa menjadi lebih cepat," tuturnya penuh harap.

Indonesia sebagai negara maritim dengan jumlah pulau sekitar 17 ribu lebih dan luas wilayah perairan sebesar 3,25 juta kilometer persegi, maka peranan angkutan laut sangatlah vital sebagai pemersatu bangsa. Tanpa transportasi laut yang efisien dan efektif dalam memenuhi aspek keselamatan pelayaran maka dapat dipastikan muncul persoalan distribusi logistik, dan selanjutnya akan diikuti persoalan pemerataan pembangunan terutama di daerah kepulauan.

Sesuai kebutuhan tersebut, i-BOAT hadir dengan maksud memenuhi fungsi yang dibutuhkan di aspek kemaritiman saat ini khususnya untuk manusia, seperti penyelamatan, pemenuhan logistik di pulau-pulau yang membutuhkan bantuan, dan fungsi pertahanan dan keamanan.

Hadir pula memberikan sambutan secara virtual, Wakil Gubernur Jawa Timur Dr H Emil Elestianto Dardak BBus MSc. Ia mengatakan, wujud komitmen daerah untuk senantiasa mendukung pengembangan riset telah digencarkan, banyak program-program inovasi yang dikembangkan selama Covid, dan ITS selalu turut serta dalam menyumbangkan inovasinya.

Baca Juga: Soft Launching Mobil Listrik Pintar, Risma Test Drive Mobil Tanpa Sopir Karya ITS

“Dengan adanya karya-karya ini, kami tidak akan menyerah untuk mendukung dan bahu-membahu memberikan keberpihakan kepada ITS dan karya anak bangsa lainnya,” kata Emil.

Produk i-BOAT ini berhasil direalisasikan melalui kerja sama 10 judul penelitian dengan pendanaan dan koordinasi dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS dan Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS. Selanjutnya, DRPM membentuk konsorsium penelitian yang melibatkan Sembilan departemen teknik dan dua klaster Sains Tekno Park (STP), yaitu STP–Kluster Inovasi TIK & Robotika dan STP–Kluster Maritim.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm