Simak 5 Langkah Redakan Sakit Kepala dengan Cepat, Tanpa Minum Obat

9 November 2021 14:50 WIB
Shot of a uncomfortable looking woman holding her head in discomfort due to pain at home during the day
Shot of a uncomfortable looking woman holding her head in discomfort due to pain at home during the day ( Unsplash)

Sonora.ID – Sakit kepala adalah kondisi yang sangat umum, salah satu cara untuk meradakannya yaitu dengan kompres dingin dan hangat.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, sakit kepala bisa menjadi penyakit yang lebih sering terjadi pada seseorang daripada penyakit fisik lainnya.

Menurut dr. Santi Medical Center Kompas Gramedia, untuk dapat meredakan sakit kepala caranya adalah dengan kompres kepala dengan air dingin, tidur, dan minum air yang cukup.

Gejala utama sakit kepala adalah rasa sakit di kepala atau wajah Anda. Lantas, apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit kepala?

Baca Juga: Apakah Benar Biopsi Sebabkan Sel Kanker Menyebar? Simak Penjelasan Dokter Ini!

Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup dapat membuat menghentikan dehidrasi seseorang. Pasalnya, dehidrasi adalah penyebab utama dari sakit kepala.

Maka itu, minum air putih dapat meredakan sakit kepala. Dilansir dari laman Medical News Today, dalam sebuah studi di jurnal Antioksidan mencatat, bahkan dehidrasi ringan dapat mengubah cara orang berpikir dan melakukan aktivitas.

Bahkan, dehidrasi dapat membuat mereka merasa lebih buruk, dengan atau tanpa sakit kepala. Sementara itu, menurut pembacaan kritis dari satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evaluation in Clinical Practice Trusted Source mencatat bahwa air putih tidak mengurangi berapa lama orang mengalami sakit kepala, tetapi itu membuat mereka merasa lebih baik.

Kompres dingin

Membuat kompres dingin dengan es di kepala atau leher dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi peradangan di daerah tersebut.

Cara ini dapat dilakukan agar dapat meredakan sakit kepala secara sementara. Sebuah studi di Hawai'i Journal of Medicine & Public Health menemukan bahwa mengoleskan kompres es ke leher selama 30 menit secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit pada penderita migrain.

Baca Juga: Pola Asuh Memanjakan Anak, Salahkah? Simak Penjelasan Health Advisor ini!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm