Puluhan Tahun Dambakan Listrik, Kini Desa Napallicin Sudah Tidak Gelap Gulita

27 Desember 2021 21:12 WIB
Warga desa Napallicin, Musi Rawas Utara memanfaatkan tenaga kincir angin guna memenuhi kebutuhan air untuk mengairi sawah desa.
Warga desa Napallicin, Musi Rawas Utara memanfaatkan tenaga kincir angin guna memenuhi kebutuhan air untuk mengairi sawah desa. ( Facebook Napallicin)

Napallicin, Sonora.Id – Setelah menunggu puluhan tahun akhirnya Warga Desa Napallicin, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawa Utara, Sumatera Selatan dapat menikmati aliran listrik. Selama puluhan tahun pula, warga desa hanya bisa mengandalkan temaramnya lampu pijar dari minyak tanah sebagai sumber utama penerangan desa.

Selepas senja situasi desa sudah gelap gulita dan otomatis aktivitas warga terhenti setelah sang surya hilang diufuk barat, kecuali segelintir toke-toke/orang-orang kaya yang mampu membeli genset/diesel untuk sumber penerangan mereka.

Dusun Napallicin adalah desa yang berbatasan langsung dengan Propinsi Bengkulu di sebelah selatan dan Desa Kuto Tanjung sebelah barat yang merupakan desa terakhir di Ulu Rawas. Kini desa terpencil diujung Barat Propinsi Sumatera Selatan ini sudah bisa dijangkau dengan transportasi darat, setelah beberapa tahun lalu hanya bisa dijangkau dengan jalur air menyusuri aliran Sungai Rawas Ulu dengan waktu tempuh 6-7 jam dengan perahu bermesin tempel.

Kini desa mulai bangkit dan dapat merasakan peradaban baru setelah listrik masuk desa sekitar tahun 2017 yang lalu. Kegembiraan terpancar dari wajah Suhaibun (46) warga Dusun Napallicin, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara. Listrik yang ia impikan bersama warga desanya selama puluhan tahun, kini menjadi kenyataan bak mimpi di siang hari.

Dusun Napallicin, Kecamatan Rawas Ulu memang cukup jauh dari Kota Lubuk Linggau atau berjarak 88 kilometer dari pusat kota Lubuk Linggau.

"Ini murni keinginan kuat dari seluruh warga desa, bukan keinginan siapa-siapa dan seluruh warga desa memang sangat membutuhkan aliran listrik itu demi kemajuan seluruh warga," kata Suhaibun, Selasa, (28/12/2021).

Menurut Ibun biasa ia disapa, sebagian besar masyarakat Desa Napallicin merupakan petani-pekebun, dengan komoditas utama adalah karet. Dengan adanya listrik masuk desa masyarakat semakin terbuka paradigmanya dengan mendapatkan berbagai informasi dari dunia luar serta dapat menciptakan lapangan kerja baru.

“Warga desa semakin mendapatkan manfaat dari keberadaan listrik masuk desa dengan beraneka ragam usaha mulai membuat es batu, fotocopy hingga berbagai usaha,” ujarnya.

Baca Juga: Kucurkan Investasi Sebesar 4 Milyar Lebih, Ribuan Warga Kini Dapat Nikmati Listrik PLN

 Baca Juga: Mantap! Rasio Desa Berlistrik di Kalimantan Selatan Kini Sudah 98,85%

Hampir setiap aktivitas manusia selalu membutuhkan listrik, bahkan bagi masyarakat modern, listrik sangat penting dan perannya tidak bisa dipisahkan dari kehidupannya sehari-hari. Listrik jelas membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal. Tanpa listrik, sebagian besar kegiatan atau aktivitas akan terganggu bahkan terhenti total.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm