Perhatikan, Ini 3 Cara Ampuh Agar Konten Menjadi FYP di Tiktok

12 Januari 2022 15:40 WIB
3 Cara Ampuh Agar Konten Menjadi FYP di Tiktok
3 Cara Ampuh Agar Konten Menjadi FYP di Tiktok ( Kompas.com)

 

Sonora.ID - Semenjak adanya pandemi Covid-19 semua orang menjadi semakin terfokus dengan penggunaan smartphone.

Hal tersebut terjadi karena adanya sebuah sistem mobilitas baru yang dilakukan setiap orang melalui gawai masing-masing.

Salah satu kegiatan yang menghabiskan banyak durasi penggunaan ponsel adalah berselancar di social media, baik scroll timeline di Instagram hingga mengunggah bermacam konten di TikTok.

Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang bersifat hiburan hingga memiliki jutaan peminat bagi setiap pengguna smartphone.

Tiktok adalah aplikasi yang menyajikan fitur video yang bersifat hiburan yang berdurasi 15 detik hingga 1 menit.

Dengan adanya algoritma yang unik dari aplikasi Tiktok tentu membuat penggunanya menjadi semakin betah dalam menghabiskan waktu hanya untuk menggulir layar mereka demi mencari video yang menarik dan dirasa dapat menghibur mereka.

Dalam tiktok tentu ada beberapa istilah yang harus dipahami terutama bagi para konten kreator. Salah satu istilah yang sangat diinginkan para konten kreator ialah “FYP”. 

FYP sendiri merupakan singkatan dari For You Page yang memiliki makna beranda yang disajikan dari pihak Tiktok bagi para penggunanya.

Namun, bagi para konten kreator, FYP adalah sebuah istilah lain dimana mereka merasa konten mereka mendapatkan exposure secara massive dan hal tersebut dapat menaikan engagement mereka selaku konten kreator. 

Baca Juga: 5 Daftar Makanan Viral di Tahun 2021, Pernah Mencobanya?

Nah, berikut adalah beberapa cara agar konten yang kamu buat dapat masuk FYP:

1. Ketahui dan Coba Mengikuti Tren dan Challenge

Salah satu cara yang lumayan ampuh untuk masuk FYP adalah dengan mengikuti tren yang sedang terjadi.

Cara kita mengetahui tren yang sedang terjadi adalah dengan menganalisa konten seperti apa yang sering muncul dalam FYP kita sebagai pengguna Tiktok.

Dengan adanya analisa tersebut tentu dapat membuat kita jauh lebih mengenal tren atau challenge apa yang tengah happening

Setelah itu kita dapat memproduksi sebuah konten dengan tren yang sedang hype. Contohnya adalah tren goyang pargoy yang ramai dan identik dengan Tiktok akhir-akhir ini.

2. Unggah Konten Pada Jam Tertentu

Setiap pengguna tiktok memiliki jam premiere-nya masing-masing. Hal tersebut dapat dilihat melalui fitur Creator Tools dalam bagian Analytics.

Dalam kolom analitik pengikut dapat kita ketahui bahwa rata-rata pengikut kita memiliki jam yang aktif pada waktu tertentu.

Baca Juga: Jangan Malu-maluin, Ini 10 Kata Gaul Wajib Pengguna Medsos, Udah Pernah Pakai?

Dan jangan lupa untuk pastikan unggah konten sekitar setengah hingga satu jam sebelum jam aktif dari pengikut kita.

Semisal kita melihat dalam analitik pengikut jam aktif para followers terdapat pada pukul 19.00 WIB. Maka, waktu yang tepat adalah ketika kita mengunggah konten kita pada pukul 18.00 hingga 18.30 WIB.

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa waktu yang diperlukan dari pihak Tiktok guna meninjau konten yang kita unggah. Hal tersebut dilakukan tiktok dikarenakan pihak tiktok memiliki beberapa kebijakan yang tidak bisa dilanggar oleh para mitranya dan penggunanya. 

3. Perhatikan Isi Kualitas Konten

Meskipun isi dari FYP Tiktok terkesan acak dan spontan tetapi kita sebagai konten kreator juga harus memikirkan isi dari konten yang akan kita unggah.

Pentingnya memperhatikan kualitas isi konten sama seperti pentingnya menjaga komitmen dalam sebuah hubungan.

Karena yang dapat membuat konten kita disukai, disimpan bahkan hingga ke tahap dibagikan adalah karena isi dari konten yang diunggah. 

Dengan adanya respon yang baik dari audien terhadap konten yang diunggah tentu dapat membuat pihak tiktok menjadi tertarik untuk memberikan Blow Up lebih terhadap konten yang banyak peminatnya.

Karena pada dasarnya tujuan dari aplikasi Tiktok adalah kenaikan engagement untuk menarik banyak pengguna yang bergabung dengan Tiktok. 

Baca Juga: Cara Hadapi Rasa Lelah Saat Dapat Kabar Duka di Medsos

Siap Menjadi Konten Kreator Tiktok?

Selain berguna untuk mengasah kreatifitas kita sebagai pengguna sosial media yang bijak tentu banyak sekali keuntungan yang dapat kita dapatkan setelah menjadi konten kreator pada aplikasi Tiktok.

Dengan besarnya engagement dalam akun Tiktok dari seorang konten kreator tentu hal tersebut dapat menarik perhatian dari beberapa brand untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. 

Tentunya lebih banyak lagi keuntungan yang kita dapatkan jika kita menjadi konten kreator yang memiliki engagement yang besar. Semoga beberapa tips ini dapat membantumu mengembangkan kreativitasmu dalam bersosial media. Selamat berkarya!

Baca Juga: Pacar Tidak Unggah Kebersamaan di Medsos, Jaga Privasi atau Justru Stashing?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm